DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 4 15 46 238 90.15% 5 7.575% 61 92.42%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 5 14 46 237 89.77% 6 9.090% 60 90.90%
3 Kecukupan makanan 2 0 8 56 250 94.69% 2 3.030% 64 96.96%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 2 9 54 248 93.93% 3 4.545% 64 95.45%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 8 56 251 95.07% 2 3.030% 64 96.96%
Jumlah
6 12 54 258 1224 92.72% 18 5.454% 312 94.54%
100




0
90.15%
89.77%
94.69%
93.93%
95.07%
92.72%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 2 0 9 55 249 94.31% 2 3.030% 64 96.96%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 10 54 248 93.93% 2 3.030% 64 96.96%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 10 54 248 93.93% 2 3.030% 64 96.96%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 8 56 250 94.69% 2 3.030% 64 96.96%
5 Penguasaan materi 3 0 8 55 247 93.56% 3 4.545% 63 95.45%
Jumlah
11 0 45 274 1242 94.09% 11 3.333% 319 96.66%
100




0
94.31%
93.93%
93.93%
94.69%
93.56%
94.09%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 10 54 248 93.93% 2 3.030% 64 96.96%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 3 11 50 241 91.28% 5 7.575% 61 92.42%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 1 13 50 243 92.04% 3 4.545% 63 95.45%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 5 13 43 226 85.60% 10 15.15% 56 84.84%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 16 47 241 91.28% 3 4.545% 63 95.45%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 11 52 246 93.18% 3 4.545% 63 95.45%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 2 11 52 246 93.18% 3 4.545% 63 95.45%
Jumlah
14 15 85 348 1691 91.50% 29 6.277% 433 93.72%
100




0
93.93%
91.28%
92.04%
85.60%
91.28%
93.18%
93.18%
91.50%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 10 54 248 93.93% 2 3.030% 64 96.96%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 14 50 244 92.42% 2 3.030% 64 96.96%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 8 55 248 93.93% 3 4.545% 63 95.45%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 9 55 249 94.31% 2 3.030% 64 96.96%
5 Kedisiplinan 2 0 8 56 250 94.69% 2 3.030% 64 96.96%
Jumlah
10 1 49 270 1239 93.86% 11 3.333% 319 96.66%
100




0
93.93%
92.42%
93.93%
94.31%
94.69%
93.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 9 54 247 93.56% 3 4.545% 63 95.45%
2 Layanan makanan 2 1 7 56 249 94.31% 3 4.545% 63 95.45%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 8 56 250 94.69% 2 3.030% 64 96.96%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 10 54 248 93.93% 2 3.030% 64 96.96%
5 Keramahan 2 0 8 56 250 94.69% 2 3.030% 64 96.96%
Jumlah
10 2 42 276 1244 94.24% 12 3.636% 318 96.36%
100




0
93.56%
94.31%
94.69%
93.93%
94.69%
94.24%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 1 10 51 240 90.90% 5 7.575% 61 92.42%
2 Transparansi keuangan 4 0 14 48 238 90.15% 4 6.060% 62 93.93%
3 Bebas Pungli 4 0 13 49 239 90.53% 4 6.060% 62 93.93%
4 Bebas gratifikasi 4 0 11 51 241 91.28% 4 6.060% 62 93.93%
Jumlah
16 1 48 199 958 90.71% 17 6.439% 247 93.56%
100




0
90.90%
90.15%
90.53%
91.28%
90.71%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.54%
96.66%
93.72%
96.66%
96.36%
93.56%
95.25%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.25%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005