DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
3 Kecukupan makanan 7 1 15 31 178 82.40% 8 14.81% 46 85.18%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 7 0 17 30 178 82.40% 7 12.96% 46 87.03%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 1 17 30 179 82.87% 7 12.96% 47 87.03%
Jumlah
20 2 157 91 859 79.53% 22 8.148% 248 91.85%
100




0
75%
75%
82.40%
82.40%
82.87%
79.53%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 5 2 17 30 180 83.33% 7 12.96% 47 87.03%
2 Penggunaan metode mengajar 7 0 19 28 176 81.48% 7 12.96% 47 87.03%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 1 18 29 178 82.40% 7 12.96% 47 87.03%
4 Penggunaan media pembelajaran 6 1 18 29 178 82.40% 7 12.96% 47 87.03%
5 Penguasaan materi 5 2 19 28 178 82.40% 7 12.96% 47 87.03%
Jumlah
29 6 91 144 890 82.40% 35 12.96% 235 87.03%
100




0
83.33%
81.48%
82.40%
82.40%
82.40%
82.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 5 4 18 27 175 81.01% 9 16.66% 45 83.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 6 21 24 174 80.55% 9 16.66% 45 83.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 7 1 20 26 173 80.09% 8 14.81% 46 85.18%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 2 18 28 176 81.48% 8 14.81% 46 85.18%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
Jumlah
21 13 239 105 1184 78.30% 34 8.994% 344 91.00%
100




0
81.01%
80.55%
75%
75%
80.09%
81.48%
75%
78.30%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 1 21 25 172 79.62% 8 14.81% 46 85.18%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 3 18 28 177 81.94% 8 14.81% 46 85.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 3 15 30 177 81.94% 9 16.66% 45 83.33%
4 Kelancaran proses asessment 5 3 20 26 175 81.01% 8 14.81% 46 85.18%
5 Kedisiplinan 4 3 21 26 177 81.94% 7 12.96% 47 87.03%
Jumlah
27 13 95 135 878 81.29% 40 14.81% 230 85.18%
100




0
79.62%
81.94%
81.94%
81.01%
81.94%
81.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 54 0 162 75% 0 0% 54 100%
2 Layanan makanan 6 2 16 30 178 82.40% 8 14.81% 46 85.18%
3 Layanan panitia kegiatan 6 0 15 33 183 84.72% 6 11.11% 48 88.88%
4 Layanan administrasi kegiatan 6 1 16 31 180 83.33% 7 12.96% 47 87.03%
5 Keramahan 7 0 15 32 180 83.33% 7 12.96% 47 87.03%
Jumlah
25 3 116 126 883 81.75% 28 10.37% 242 89.62%
100




0
75%
82.40%
84.72%
83.33%
83.33%
81.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 9 1 17 27 170 78.70% 10 18.51% 44 81.48%
2 Transparansi keuangan 8 1 17 28 173 80.09% 9 16.66% 45 83.33%
3 Bebas Pungli 7 1 18 28 175 81.01% 8 14.81% 46 85.18%
4 Bebas gratifikasi 8 1 18 27 172 79.62% 9 16.66% 45 83.33%
Jumlah
32 4 70 110 690 79.86% 36 16.66% 180 83.33%
100




0
78.70%
80.09%
81.01%
79.62%
79.86%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.85%
87.03%
91.00%
85.18%
89.62%
83.33%
88.00%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.00%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005