DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 1 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 9 33 162 92.04% 2 4.545% 42 95.45%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 6 37 168 95.45% 1 2.272% 42 97.72%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 10 14 20 142 80.68% 10 22.72% 34 77.27%
Jumlah
1 12 117 90 736 83.63% 13 5.909% 207 94.09%
100




0
75%
75%
92.04%
95.45%
80.68%
83.63%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 1 11 32 163 92.61% 1 2.272% 43 97.72%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 10 33 164 93.18% 1 2.272% 43 97.72%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 10 34 166 94.31% 0 0% 44 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
5 Penguasaan materi 0 1 10 33 164 93.18% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 3 52 165 822 93.40% 3 1.363% 217 98.63%
100




0
92.61%
93.18%
94.31%
93.75%
93.18%
93.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 13 29 159 90.34% 2 4.545% 42 95.45%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 2 14 24 146 82.95% 6 13.63% 38 86.36%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 7 18 19 144 81.81% 7 15.90% 37 84.09%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 18 24 154 87.5% 2 4.545% 42 95.45%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
4 57 151 96 955 77.51% 61 19.80% 247 80.19%
100




0
90.34%
82.95%
75%
75%
81.81%
87.5%
50%
77.51%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 7 37 169 96.02% 0 0% 44 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 15 26 155 88.06% 3 6.818% 41 93.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 12 30 160 90.90% 2 4.545% 42 95.45%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 10 34 166 94.31% 0 0% 44 100%
5 Kedisiplinan 0 2 16 26 156 88.63% 2 4.545% 42 95.45%
Jumlah
0 7 60 153 806 91.59% 7 3.181% 213 96.81%
100




0
96.02%
88.06%
90.90%
94.31%
88.63%
91.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 1 1 7 35 164 93.18% 2 4.545% 42 95.45%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 8 36 168 95.45% 0 0% 44 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
5 Keramahan 0 0 8 36 168 95.45% 0 0% 44 100%
Jumlah
1 1 78 140 797 90.56% 2 0.909% 218 99.09%
100




0
75%
93.18%
95.45%
93.75%
95.45%
90.56%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 7 37 169 96.02% 0 0% 44 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 9 35 167 94.88% 0 0% 44 100%
3 Bebas Pungli 0 0 7 37 169 96.02% 0 0% 44 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 9 35 167 94.88% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 0 32 144 672 95.45% 0 0% 176 100%
100




0
96.02%
94.88%
96.02%
94.88%
95.45%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.09%
98.63%
80.19%
96.81%
99.09%
100%
94.80%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.80%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005