DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 2 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 6 3 18 41 230 84.55% 9 13.23% 59 86.76%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 7 21 36 225 82.72% 11 16.17% 57 83.82%
3 Kecukupan makanan 7 0 5 56 246 90.44% 7 10.29% 61 89.70%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 7 0 4 57 247 90.80% 7 10.29% 61 89.70%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 0 4 57 247 90.80% 7 10.29% 61 89.70%
Jumlah
31 10 52 247 1195 87.86% 41 12.05% 299 87.94%
100




0
84.55%
82.72%
90.44%
90.80%
90.80%
87.86%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 7 0 13 48 238 87.5% 7 10.29% 61 89.70%
2 Penggunaan metode mengajar 6 1 10 51 242 88.97% 7 10.29% 61 89.70%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 0 10 51 241 88.60% 7 10.29% 61 89.70%
4 Penggunaan media pembelajaran 6 1 10 51 242 88.97% 7 10.29% 61 89.70%
5 Penguasaan materi 7 0 10 51 241 88.60% 7 10.29% 61 89.70%
Jumlah
33 2 53 252 1204 88.52% 35 10.29% 305 89.70%
100




0
87.5%
88.97%
88.60%
88.97%
88.60%
88.52%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 0 10 51 241 88.60% 7 10.29% 61 89.70%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 3 14 45 234 86.02% 9 13.23% 59 86.76%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 2 12 48 238 87.5% 8 11.76% 60 88.23%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 12 19 31 211 77.57% 18 26.47% 50 73.52%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 1 18 43 234 86.02% 7 10.29% 61 89.70%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 2 15 45 235 86.39% 8 11.76% 60 88.23%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 5 2 14 47 239 87.86% 7 10.29% 61 89.70%
Jumlah
42 22 102 310 1632 85.71% 64 13.44% 412 86.55%
100




0
88.60%
86.02%
87.5%
77.57%
86.02%
86.39%
87.86%
85.71%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 6 1 6 55 246 90.44% 7 10.29% 61 89.70%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 6 1 15 46 237 87.13% 7 10.29% 61 89.70%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 2 6 54 244 89.70% 8 11.76% 60 88.23%
4 Kelancaran proses asessment 6 1 9 52 243 89.33% 7 10.29% 61 89.70%
5 Kedisiplinan 6 1 7 54 245 90.07% 7 10.29% 61 89.70%
Jumlah
30 6 43 261 1215 89.33% 36 10.58% 304 89.41%
100




0
90.44%
87.13%
89.70%
89.33%
90.07%
89.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 7 0 8 53 243 89.33% 7 10.29% 61 89.70%
2 Layanan makanan 6 2 7 53 243 89.33% 8 11.76% 60 88.23%
3 Layanan panitia kegiatan 7 0 6 55 245 90.07% 7 10.29% 61 89.70%
4 Layanan administrasi kegiatan 7 0 8 53 243 89.33% 7 10.29% 61 89.70%
5 Keramahan 7 0 5 56 246 90.44% 7 10.29% 61 89.70%
Jumlah
34 2 34 270 1220 89.70% 36 10.58% 304 89.41%
100




0
89.33%
89.33%
90.07%
89.33%
90.44%
89.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 6 0 7 55 247 90.80% 6 8.823% 62 91.17%
2 Transparansi keuangan 7 0 10 51 241 88.60% 7 10.29% 61 89.70%
3 Bebas Pungli 6 0 8 54 246 90.44% 6 8.823% 62 91.17%
4 Bebas gratifikasi 6 0 9 53 245 90.07% 6 8.823% 62 91.17%
Jumlah
25 0 34 213 979 89.98% 25 9.191% 247 90.80%
100




0
90.80%
88.60%
90.44%
90.07%
89.98%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
87.94%
89.70%
86.55%
89.41%
89.41%
90.80%
88.97%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.97%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005