DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 2 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
3 Kecukupan makanan 6 5 31 28 221 78.92% 11 15.71% 59 84.28%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 6 41 19 215 76.78% 10 14.28% 59 85.71%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 1 31 32 229 81.78% 7 10% 63 90%
Jumlah
16 12 243 79 1085 77.5% 28 8% 322 92%
100




0
75%
75%
78.92%
76.78%
81.78%
77.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 7 5 35 23 214 76.42% 12 17.14% 58 82.85%
2 Penggunaan metode mengajar 5 3 30 32 229 81.78% 8 11.42% 62 88.57%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 2 33 29 225 80.35% 8 11.42% 62 88.57%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 7 29 30 225 80.35% 11 15.71% 59 84.28%
5 Penguasaan materi 4 5 31 30 227 81.07% 9 12.85% 61 87.14%
Jumlah
26 22 158 144 1120 80% 48 13.71% 302 86.28%
100




0
76.42%
81.78%
80.35%
80.35%
81.07%
80%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 4 30 30 224 80% 10 14.28% 60 85.71%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 23 25 19 200 71.42% 26 37.14% 44 62.85%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 14 33 19 207 73.92% 18 25.71% 52 74.28%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 8 30 29 225 80.35% 11 15.71% 59 84.28%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
Jumlah
16 49 328 97 1486 75.81% 65 13.26% 425 86.73%
100




0
80%
71.42%
75%
75%
73.92%
80.35%
75%
75.81%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 6 1 30 33 230 82.14% 7 10% 63 90%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 13 33 20 209 74.64% 17 24.28% 53 75.71%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 7 34 26 223 79.64% 10 14.28% 60 85.71%
4 Kelancaran proses asessment 4 4 37 25 223 79.64% 8 11.42% 62 88.57%
5 Kedisiplinan 4 9 36 21 214 76.42% 13 18.57% 57 81.42%
Jumlah
21 34 170 125 1099 78.5% 55 15.71% 295 84.28%
100




0
82.14%
74.64%
79.64%
79.64%
76.42%
78.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 70 0 210 75% 0 0% 70 100%
2 Layanan makanan 5 6 25 34 228 81.42% 11 15.71% 59 84.28%
3 Layanan panitia kegiatan 7 5 25 33 224 80% 12 17.14% 58 82.85%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 3 35 27 224 80% 8 11.42% 62 88.57%
5 Keramahan 8 1 26 35 228 81.42% 9 12.85% 61 87.14%
Jumlah
25 15 181 129 1114 79.57% 40 11.42% 310 88.57%
100




0
75%
81.42%
80%
80%
81.42%
79.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 7 4 27 32 224 80% 11 15.71% 59 84.28%
2 Transparansi keuangan 5 5 33 27 222 79.28% 10 14.28% 60 85.71%
3 Bebas Pungli 5 3 33 29 226 80.71% 8 11.42% 62 88.57%
4 Bebas gratifikasi 6 3 30 31 226 80.71% 9 12.85% 61 87.14%
Jumlah
23 15 123 119 898 80.17% 38 13.57% 242 86.42%
100




0
80%
79.28%
80.71%
80.71%
80.17%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92%
86.28%
86.73%
84.28%
88.57%
86.42%
87.38%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 87.38%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005