DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 2 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 1 9 41 93.18% 1 9.090% 11 90.90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 1 24 30 194 88.18% 1 1.818% 54 98.18%
100




0
75%
75%
100%
93.18%
97.72%
88.18%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
5 Penguasaan materi 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 0 55 220 100% 0 0% 55 100%
100




0
100%
100%
100%
100%
100%
100%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 0 10 42 95.45% 1 9.090% 10 90.90%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 3 7 39 88.63% 1 9.090% 10 90.90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 0 10 42 95.45% 1 9.090% 10 90.90%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 1 9 41 93.18% 1 9.090% 10 90.90%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 11 0 0 22 50% 11 100% 0 0%
Jumlah
0 15 26 36 252 81.81% 15 19.48% 62 80.51%
100




0
95.45%
88.63%
75%
75%
95.45%
93.18%
50%
81.81%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
5 Kedisiplinan 0 0 1 10 43 97.72% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 5 50 215 97.72% 0 0% 55 100%
100




0
97.72%
97.72%
97.72%
97.72%
97.72%
97.72%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 11 0 33 75% 0 0% 11 100%
2 Layanan makanan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
5 Keramahan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 11 44 209 95% 0 0% 55 100%
100




0
75%
100%
100%
100%
100%
95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
3 Bebas Pungli 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 0 11 44 100% 0 0% 11 100%
Jumlah
0 0 0 44 176 100% 0 0% 44 100%
100




0
100%
100%
100%
100%
100%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.18%
100%
80.51%
100%
100%
100%
96.45%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.45%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005