DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 0 23 40 231 88.84% 2 3.076% 63 96.92%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 5 22 35 219 84.23% 8 12.30% 57 87.69%
3 Kecukupan makanan 3 0 10 52 241 92.69% 3 4.615% 62 95.38%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 3 10 49 235 90.38% 6 9.230% 62 90.76%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 9 53 242 93.07% 3 4.615% 62 95.38%
Jumlah
14 8 74 229 1168 89.84% 22 6.769% 303 93.23%
100




0
88.84%
84.23%
92.69%
90.38%
93.07%
89.84%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 3 0 20 42 231 88.84% 3 4.615% 62 95.38%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 21 41 230 88.46% 3 4.615% 62 95.38%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 20 42 231 88.84% 3 4.615% 62 95.38%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 13 49 238 91.53% 3 4.615% 62 95.38%
5 Penguasaan materi 3 0 20 42 231 88.84% 3 4.615% 62 95.38%
Jumlah
15 0 94 216 1161 89.30% 15 4.615% 310 95.38%
100




0
88.84%
88.46%
88.84%
91.53%
88.84%
89.30%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 23 39 228 87.69% 3 4.615% 62 95.38%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 3 23 36 222 85.38% 6 9.230% 59 90.76%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 18 44 233 89.61% 3 4.615% 62 95.38%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 11 19 29 201 77.30% 17 26.15% 48 73.84%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 8 19 35 216 83.07% 11 16.92% 54 83.07%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 1 20 41 229 88.07% 4 6.153% 61 93.84%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 1 16 45 233 89.61% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
24 24 138 269 1562 85.82% 48 10.54% 407 89.45%
100




0
87.69%
85.38%
89.61%
77.30%
83.07%
88.07%
89.61%
85.82%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 0 13 48 235 90.38% 4 6.153% 61 93.84%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 3 24 35 221 85% 6 9.230% 59 90.76%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 14 48 237 91.15% 3 4.615% 62 95.38%
5 Kedisiplinan 3 0 16 46 235 90.38% 3 4.615% 62 95.38%
Jumlah
16 3 79 227 1167 89.76% 19 5.846% 306 94.15%
100




0
90.38%
85%
91.92%
91.15%
90.38%
89.76%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
2 Layanan makanan 3 2 10 50 237 91.15% 5 7.692% 60 92.30%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 11 51 240 92.30% 3 4.615% 62 95.38%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 14 48 237 91.15% 3 4.615% 62 95.38%
5 Keramahan 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
Jumlah
15 2 59 249 1192 91.69% 17 5.230% 308 94.76%
100




0
91.92%
91.15%
92.30%
91.15%
91.92%
91.69%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 14 48 237 91.15% 3 4.615% 62 95.38%
2 Transparansi keuangan 3 0 15 47 236 90.76% 3 4.615% 62 95.38%
3 Bebas Pungli 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
4 Bebas gratifikasi 3 1 11 50 238 91.53% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
12 1 52 195 950 91.34% 13 5% 247 95%
100




0
91.15%
90.76%
91.92%
91.53%
91.34%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.23%
95.38%
89.45%
94.15%
94.76%
95%
93.66%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.66%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005