DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 3 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 4 5 12 17 118 77.63% 9 23.68% 29 76.31%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 8 15 14 118 77.63% 9 23.68% 29 76.31%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 12 25 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
5 14 115 56 602 79.21% 19 10% 171 90%
100




0
75%
75%
77.63%
77.63%
90.78%
79.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 10 28 142 93.42% 0 0% 38 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 15 23 137 90.13% 0 0% 38 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 15 23 137 90.13% 0 0% 38 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 16 22 136 89.47% 0 0% 38 100%
5 Penguasaan materi 0 0 15 23 137 90.13% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 0 71 119 689 90.65% 0 0% 190 100%
100




0
93.42%
90.13%
90.13%
89.47%
90.13%
90.65%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 12 25 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 6 14 18 126 82.89% 6 15.78% 32 84.21%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 8 14 16 122 80.26% 8 21.05% 30 78.94%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 15 22 135 88.81% 1 2.631% 37 97.36%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 38 0 0 76 50% 38 100% 0 0%
Jumlah
0 54 131 81 825 77.53% 54 20.30% 212 79.69%
100




0
90.78%
82.89%
75%
75%
80.26%
88.81%
50%
77.53%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 20 18 132 86.84% 0 0% 38 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 5 18 15 124 81.57% 5 13.15% 33 86.84%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 17 18 128 84.21% 3 7.894% 35 92.10%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 20 16 128 84.21% 2 5.263% 36 94.73%
5 Kedisiplinan 0 4 18 16 126 82.89% 4 10.52% 34 89.47%
Jumlah
1 13 93 83 638 83.94% 14 7.368% 176 92.63%
100




0
86.84%
81.57%
84.21%
84.21%
82.89%
83.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 3 4 14 17 121 79.60% 7 18.42% 31 81.57%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 21 17 131 86.18% 0 0% 38 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 17 20 133 87.5% 1 2.631% 37 97.36%
5 Keramahan 0 0 12 26 140 92.10% 0 0% 38 100%
Jumlah
3 5 102 80 639 84.07% 8 4.210% 182 95.78%
100




0
75%
79.60%
86.18%
87.5%
92.10%
84.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 3 16 18 127 83.55% 4 10.52% 34 89.47%
2 Transparansi keuangan 0 3 17 18 129 84.86% 3 7.894% 35 92.10%
3 Bebas Pungli 0 6 14 18 126 82.89% 6 15.78% 32 84.21%
4 Bebas gratifikasi 0 2 17 19 131 86.18% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
1 14 64 73 513 84.37% 15 9.868% 137 90.13%
100




0
83.55%
84.86%
82.89%
86.18%
84.37%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90%
100%
79.69%
92.63%
95.78%
90.13%
91.37%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.37%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005