DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 3 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
3 Kecukupan makanan 3 6 10 31 169 84.5% 9 18% 41 82%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 4 44 190 95% 2 4% 41 96%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 2 4 43 189 94.5% 3 6% 47 94%
Jumlah
6 8 118 118 848 84.8% 14 5.6% 236 94.4%
100




0
75%
75%
84.5%
95%
94.5%
84.8%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 2 0 12 36 182 91% 2 4% 48 96%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 15 33 179 89.5% 2 4% 48 96%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 15 33 179 89.5% 2 4% 48 96%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 10 38 184 92% 2 4% 48 96%
5 Penguasaan materi 2 2 12 34 178 89% 4 8% 46 92%
Jumlah
10 2 64 174 902 90.2% 12 4.8% 238 95.2%
100




0
91%
89.5%
89.5%
92%
89%
90.2%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 4 44 190 95% 2 4% 48 96%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 1 15 32 177 88.5% 3 6% 47 94%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 1 13 34 179 89.5% 3 6% 47 94%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 11 37 183 91.5% 2 4% 48 96%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 50 0 0 100 50% 50 100% 0 0%
Jumlah
8 52 143 147 1129 80.64% 60 17.14% 290 82.85%
100




0
95%
88.5%
75%
75%
89.5%
91.5%
50%
80.64%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 1 9 38 183 91.5% 3 6% 47 94%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 12 36 182 91% 2 4% 48 96%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 2 13 33 177 88.5% 4 8% 46 92%
4 Kelancaran proses asessment 2 2 10 36 180 90% 4 8% 46 92%
5 Kedisiplinan 2 0 17 31 177 88.5% 2 4% 48 96%
Jumlah
10 5 61 174 899 89.9% 15 6% 235 94%
100




0
91.5%
91%
88.5%
90%
88.5%
89.9%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Layanan makanan 4 4 15 27 165 82.5% 8 16% 42 84%
3 Layanan panitia kegiatan 2 1 9 38 183 91.5% 3 6% 47 94%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 7 40 185 92.5% 3 6% 47 94%
5 Keramahan 2 2 9 37 181 90.5% 4 8% 46 92%
Jumlah
10 8 90 142 864 86.4% 18 7.2% 232 92.8%
100




0
75%
82.5%
91.5%
92.5%
90.5%
86.4%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 8 40 186 93% 2 4% 48 96%
2 Transparansi keuangan 2 1 9 38 183 91.5% 3 6% 47 94%
3 Bebas Pungli 2 1 9 38 183 91.5% 3 6% 47 94%
4 Bebas gratifikasi 2 1 9 38 183 91.5% 3 6% 47 94%
Jumlah
8 3 35 154 735 91.87% 11 5.5% 189 94.5%
100




0
93%
91.5%
91.5%
91.5%
91.87%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.4%
95.2%
82.85%
94%
92.8%
94.5%
92.29%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.29%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005