DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 4 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 8 35 166 94.31% 1 2.272% 43 97.72%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 13 29 159 90.34% 2 4.545% 43 95.45%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 4 7 33 161 91.47% 4 9.090% 40 90.90%
Jumlah
0 7 116 97 750 85.22% 7 3.181% 213 96.81%
100




0
75%
75%
94.31%
90.34%
91.47%
85.22%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 12 32 164 93.18% 0 0% 44 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 10 33 164 93.18% 1 2.272% 43 97.72%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 12 31 162 92.04% 1 2.272% 43 97.72%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 13 31 163 92.61% 0 0% 44 100%
5 Penguasaan materi 0 3 14 27 156 88.63% 3 6.818% 41 93.18%
Jumlah
0 5 61 154 809 91.93% 5 2.272% 215 97.72%
100




0
93.18%
93.18%
92.04%
92.61%
88.63%
91.93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 9 35 167 94.88% 0 0% 44 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 16 26 156 88.63% 2 4.545% 42 95.45%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 16 26 156 88.63% 2 4.545% 42 95.45%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 11 30 159 90.34% 3 6.818% 41 93.18%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
0 51 140 117 990 80.35% 51 16.55% 257 83.44%
100




0
94.88%
88.63%
75%
75%
88.63%
90.34%
50%
80.35%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 35 167 94.88% 0 0% 44 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 12 29 158 89.77% 3 6.818% 41 93.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 13 30 161 91.47% 1 2.272% 43 97.72%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 17 27 159 90.34% 0 0% 44 100%
5 Kedisiplinan 0 2 13 29 159 90.34% 2 4.545% 42 95.45%
Jumlah
0 6 64 150 804 91.36% 6 2.727% 214 97.27%
100




0
94.88%
89.77%
91.47%
90.34%
90.34%
91.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 0 1 7 36 167 94.88% 1 2.272% 43 97.72%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 11 32 163 92.61% 1 2.272% 43 97.72%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 12 32 164 93.18% 0 0% 44 100%
5 Keramahan 0 1 9 34 165 93.75% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 3 83 134 791 89.88% 3 1.363% 217 98.63%
100




0
75%
94.88%
92.61%
93.18%
93.75%
89.88%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 9 34 164 93.18% 1 2.272% 43 97.72%
2 Transparansi keuangan 0 3 10 31 160 90.90% 3 6.818% 41 93.18%
3 Bebas Pungli 0 1 10 33 164 93.18% 1 2.272% 43 97.72%
4 Bebas gratifikasi 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
Jumlah
1 4 40 131 653 92.75% 5 2.840% 171 97.15%
100




0
93.18%
90.90%
93.18%
93.75%
92.75%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.81%
97.72%
83.44%
97.27%
98.63%
97.15%
95.17%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.17%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005