DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 5 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 9 30 150 91.46% 2 4.878% 39 95.12%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 4 8 29 148 90.24% 4 9.756% 39 90.24%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 9 30 151 92.07% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
1 7 108 89 695 84.75% 8 3.902% 197 96.09%
100




0
75%
75%
91.46%
90.24%
92.07%
84.75%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 1 2 17 21 140 85.36% 3 7.317% 38 92.68%
2 Penggunaan metode mengajar 0 4 15 22 141 85.97% 4 9.756% 37 90.24%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 3 13 25 145 88.41% 3 7.317% 38 92.68%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 12 27 148 90.24% 2 4.878% 39 95.12%
5 Penguasaan materi 0 2 13 26 147 89.63% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
1 13 70 121 721 87.92% 14 6.829% 191 93.17%
100




0
85.36%
85.97%
88.41%
90.24%
89.63%
87.92%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 3 9 28 146 89.02% 4 9.756% 37 90.24%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 17 22 143 87.19% 2 4.878% 39 95.12%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 15 13 12 118 71.95% 16 39.02% 25 60.97%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 12 25 144 87.80% 4 9.756% 37 90.24%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
2 65 133 87 879 76.56% 67 23.34% 220 76.65%
100




0
89.02%
87.19%
75%
75%
71.95%
87.80%
50%
76.56%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 10 29 149 90.85% 2 4.878% 39 95.12%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 13 15 12 120 73.17% 14 34.14% 27 65.85%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 14 24 144 87.80% 3 7.317% 38 92.68%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 16 24 146 89.02% 1 2.439% 40 97.56%
5 Kedisiplinan 0 3 10 28 148 90.24% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
2 21 65 117 707 86.21% 23 11.21% 182 88.78%
100




0
90.85%
73.17%
87.80%
89.02%
90.24%
86.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 1 1 10 29 149 90.85% 2 4.878% 39 95.12%
3 Layanan panitia kegiatan 0 6 13 22 139 84.75% 6 14.63% 35 85.36%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 5 14 22 140 85.36% 5 12.19% 36 87.80%
5 Keramahan 0 3 12 26 146 89.02% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
1 15 90 99 697 85% 16 7.804% 189 92.19%
100




0
75%
90.85%
84.75%
85.36%
89.02%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 4 9 25 138 84.14% 7 17.07% 34 82.92%
2 Transparansi keuangan 2 5 9 25 139 84.75% 7 17.07% 34 82.92%
3 Bebas Pungli 2 3 10 26 142 86.58% 5 12.19% 36 87.80%
4 Bebas gratifikasi 2 2 11 26 143 87.19% 4 9.756% 37 90.24%
Jumlah
9 14 39 102 562 85.67% 23 14.02% 141 85.97%
100




0
84.14%
84.75%
86.58%
87.19%
85.67%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.09%
93.17%
76.65%
88.78%
92.19%
85.97%
88.81%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.81%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005