DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 3 8 3 47 61.84% 8 42.10% 11 57.89%
2 Perlengkapan kamar tidur 5 3 8 3 47 61.84% 8 42.10% 11 57.89%
3 Kecukupan makanan 1 0 9 9 64 84.21% 1 5.263% 18 94.73%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 3 10 3 51 67.10% 6 31.57% 18 68.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 4 10 3 52 68.42% 6 31.57% 13 68.42%
Jumlah
16 13 45 21 261 68.68% 29 30.52% 66 69.47%
100




0
61.84%
61.84%
84.21%
67.10%
68.42%
68.68%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 12 7 64 84.21% 0 0% 19 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 12 7 64 84.21% 0 0% 19 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 10 9 66 86.84% 0 0% 19 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 11 8 65 85.52% 0 0% 19 100%
5 Penguasaan materi 0 0 11 8 65 85.52% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 0 56 39 324 85.26% 0 0% 95 100%
100




0
84.21%
84.21%
86.84%
85.52%
85.52%
85.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 6 10 3 54 71.05% 6 31.57% 13 68.42%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 6 9 3 52 68.42% 7 36.84% 12 63.15%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 5 11 3 55 72.36% 5 26.31% 14 73.68%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 3 7 3 45 59.21% 9 47.36% 10 52.63%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 4 9 4 53 69.73% 6 31.57% 13 68.42%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 5 9 4 54 71.05% 6 31.57% 13 68.42%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 4 9 4 53 69.73% 6 31.57% 13 68.42%
Jumlah
12 33 64 24 366 68.79% 45 33.83% 88 66.16%
100




0
71.05%
68.42%
72.36%
59.21%
69.73%
71.05%
69.73%
68.79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 10 9 66 86.84% 0 0% 19 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 10 5 58 76.31% 4 21.05% 15 78.94%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 11 7 63 82.89% 1 5.263% 18 94.73%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 11 7 63 82.89% 1 5.263% 18 94.73%
5 Kedisiplinan 0 1 12 6 62 81.57% 1 5.263% 18 94.73%
Jumlah
0 7 54 34 312 82.10% 7 7.368% 88 92.63%
100




0
86.84%
76.31%
82.89%
82.89%
81.57%
82.10%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 5 2 8 4 49 64.47% 7 36.84% 12 63.15%
2 Layanan makanan 0 0 11 8 65 85.52% 0 0% 19 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 10 9 66 86.84% 0 0% 19 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 12 7 64 84.21% 0 0% 19 100%
5 Keramahan 0 0 9 10 67 88.15% 0 0% 19 100%
Jumlah
5 2 50 38 311 81.84% 7 7.368% 88 92.63%
100




0
64.47%
85.52%
86.84%
84.21%
88.15%
81.84%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 10 8 63 82.89% 1 5.263% 18 94.73%
2 Transparansi keuangan 1 0 10 8 63 82.89% 1 5.263% 18 94.73%
3 Bebas Pungli 1 0 10 8 63 82.89% 1 5.263% 18 94.73%
4 Bebas gratifikasi 0 0 11 8 65 85.52% 0 0% 19 100%
Jumlah
3 0 41 32 254 83.55% 3 3.947% 73 96.05%
100




0
82.89%
82.89%
82.89%
85.52%
83.55%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
69.47%
100%
66.16%
92.63%
92.63%
96.05%
86.15%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.15%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005