DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 6 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
3 Kecukupan makanan 5 4 19 20 150 78.12% 9 18.75% 39 81.25%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 12 34 176 91.66% 2 4.166% 39 95.83%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 11 36 179 93.22% 1 2.083% 47 97.91%
Jumlah
5 7 138 90 793 82.60% 12 5% 228 95%
100




0
75%
75%
78.12%
91.66%
93.22%
82.60%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 16 32 176 91.66% 0 0% 48 100%
2 Penggunaan metode mengajar 1 2 14 31 171 89.06% 3 6.25% 45 93.75%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 15 33 177 92.18% 0 0% 48 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 15 32 174 90.62% 1 2.083% 47 97.91%
5 Penguasaan materi 0 0 15 33 177 92.18% 0 0% 48 100%
Jumlah
2 2 75 161 875 91.14% 4 1.666% 236 98.33%
100




0
91.66%
89.06%
92.18%
90.62%
92.18%
91.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 11 37 181 94.27% 0 0% 48 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 20 27 170 88.54% 1 2.083% 47 97.91%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 13 34 177 92.18% 1 2.083% 47 97.91%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 13 35 179 93.22% 0 0% 48 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 48 0 0 96 50% 48 100% 0 0%
Jumlah
0 50 153 133 1091 81.17% 50 14.88% 286 85.11%
100




0
94.27%
88.54%
75%
75%
92.18%
93.22%
50%
81.17%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 14 34 178 92.70% 0 0% 48 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 18 30 174 90.62% 0 0% 48 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 14 31 172 89.58% 3 6.25% 45 93.75%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 15 32 175 91.14% 1 2.083% 47 97.91%
5 Kedisiplinan 0 2 14 32 174 90.62% 2 4.166% 46 95.83%
Jumlah
0 6 75 159 873 90.93% 6 2.5% 234 97.5%
100




0
92.70%
90.62%
89.58%
91.14%
90.62%
90.93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Layanan makanan 5 8 16 19 145 75.52% 13 27.08% 35 72.91%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 16 32 176 91.66% 0 0% 48 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 18 30 174 90.62% 0 0% 48 100%
5 Keramahan 0 2 16 30 172 89.58% 2 4.166% 46 95.83%
Jumlah
5 10 114 111 811 84.47% 15 6.25% 225 93.75%
100




0
75%
75.52%
91.66%
90.62%
89.58%
84.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 16 29 167 86.97% 3 6.25% 45 93.75%
2 Transparansi keuangan 3 2 15 28 164 85.41% 5 10.41% 43 89.58%
3 Bebas Pungli 3 1 14 30 167 86.97% 4 8.333% 44 91.66%
4 Bebas gratifikasi 3 2 15 28 164 85.41% 5 10.41% 43 89.58%
Jumlah
12 5 60 115 662 86.19% 17 8.854% 175 91.14%
100




0
86.97%
85.41%
86.97%
85.41%
86.19%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95%
98.33%
85.11%
97.5%
93.75%
91.14%
93.47%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.47%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005