DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 7 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 8 22 12 134 72.82% 12 26.08% 34 73.91%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 10 22 11 133 72.28% 13 28.26% 33 71.73%
3 Kecukupan makanan 8 5 15 18 135 73.36% 13 28.26% 33 71.73%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 7 4 11 24 144 78.26% 11 23.91% 33 76.08%
5 Kelancaran penerangan Listrik 5 3 15 23 148 80.43% 8 17.39% 38 82.60%
Jumlah
27 30 85 88 694 75.43% 57 24.78% 173 75.21%
100




0
72.82%
72.28%
73.36%
78.26%
80.43%
75.43%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 7 2 12 25 147 79.89% 9 19.56% 37 80.43%
2 Penggunaan metode mengajar 7 1 18 20 143 77.71% 8 17.39% 38 82.60%
3 Keterampilan & berkomunikasi 7 2 13 24 146 79.34% 9 19.56% 37 80.43%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 1 15 23 146 79.34% 8 17.39% 38 82.60%
5 Penguasaan materi 5 5 15 21 144 78.26% 10 21.73% 36 78.26%
Jumlah
33 11 73 113 726 78.91% 44 19.13% 186 80.86%
100




0
79.89%
77.71%
79.34%
79.34%
78.26%
78.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 4 11 25 147 79.89% 10 21.73% 36 78.26%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 2 16 22 146 79.34% 8 17.39% 38 82.60%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 4 16 20 142 77.17% 10 21.73% 36 78.26%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 3 11 16 16 137 74.45% 14 30.43% 32 69.56%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 8 17 17 139 75.54% 12 26.08% 34 73.91%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 3 18 19 142 77.17% 9 19.56% 37 80.43%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 6 6 15 19 139 75.54% 12 26.08% 34 73.91%
Jumlah
37 38 109 138 992 77.01% 75 23.29% 247 76.70%
100




0
79.89%
79.34%
77.17%
74.45%
75.54%
77.17%
75.54%
77.01%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 4 15 20 140 76.08% 11 23.91% 35 76.08%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 7 20 15 138 75% 11 23.91% 35 76.08%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 4 15 20 140 76.08% 11 23.91% 35 76.08%
4 Kelancaran proses asessment 6 3 17 20 143 77.71% 9 19.56% 37 80.43%
5 Kedisiplinan 6 4 14 22 144 78.26% 10 21.73% 36 78.26%
Jumlah
30 22 81 97 705 76.63% 52 22.60% 178 77.39%
100




0
76.08%
75%
76.08%
77.71%
78.26%
76.63%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 5 6 19 16 138 75% 11 23.91% 35 76.08%
2 Layanan makanan 8 3 13 22 141 76.63% 11 23.91% 35 76.08%
3 Layanan panitia kegiatan 7 2 19 18 140 76.08% 9 19.56% 37 80.43%
4 Layanan administrasi kegiatan 6 4 15 21 143 77.71% 10 21.73% 36 78.26%
5 Keramahan 7 1 19 19 142 77.17% 8 17.39% 38 82.60%
Jumlah
33 16 85 96 704 76.52% 49 21.30% 181 78.69%
100




0
75%
76.63%
76.08%
77.71%
77.17%
76.52%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 7 2 16 21 143 77.71% 9 19.56% 37 80.43%
2 Transparansi keuangan 7 1 19 19 142 77.17% 8 17.39% 38 82.60%
3 Bebas Pungli 6 3 16 21 144 78.26% 9 19.56% 37 80.43%
4 Bebas gratifikasi 6 2 16 22 146 79.34% 8 17.39% 38 82.60%
Jumlah
26 8 67 83 575 78.12% 34 18.47% 150 81.52%
100




0
77.71%
77.17%
78.26%
79.34%
78.12%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
75.21%
80.86%
76.70%
77.39%
78.69%
81.52%
78.40%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 78.40%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005