DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHA RUMPUT LAUT ANGKATAN 7 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 3 44 185 98.40% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 107 128 833 88.61% 0 0% 235 100%
100




0
75%
75%
98.40%
97.34%
97.34%
88.61%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720001 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 3 43 183 97.34% 1 2.127% 46 97.87%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 2 2 43 182 96.80% 2 4.255% 45 95.74%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 3 2 42 180 95.74% 3 6.382% 44 93.61%
5 Penguasaan materi 0 1 2 44 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
0 7 14 214 912 97.02% 7 2.978% 228 97.02%
100




0
97.34%
97.34%
96.80%
95.74%
97.87%
97.02%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 2 44 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 10 36 176 93.61% 1 2.127% 46 97.87%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 8 36 174 92.55% 3 6.382% 44 93.61%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 4 41 180 95.74% 2 4.255% 45 95.74%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
0 54 118 157 1090 82.82% 54 16.41% 275 83.58%
100




0
97.87%
93.61%
75%
75%
92.55%
95.74%
50%
82.82%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 1 45 185 98.40% 1 2.127% 46 97.87%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 11 34 173 92.02% 2 4.255% 45 95.74%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
5 Kedisiplinan 0 1 4 42 182 96.80% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
0 4 25 206 907 96.48% 4 1.702% 231 98.29%
100




0
98.40%
92.02%
97.87%
97.34%
96.80%
96.48%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 0 1 6 40 180 95.74% 1 2.127% 46 97.87%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 3 43 183 97.34% 1 2.127% 46 97.87%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 2 3 42 181 96.27% 2 4.255% 45 95.74%
5 Keramahan 0 1 2 44 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
0 5 61 169 869 92.44% 5 2.127% 230 97.87%
100




0
75%
95.74%
97.34%
96.27%
97.87%
92.44%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 2 2 43 182 96.80% 2 4.255% 45 95.74%
2 Transparansi keuangan 0 2 4 41 180 95.74% 2 4.255% 45 95.74%
3 Bebas Pungli 0 1 5 41 181 96.27% 1 2.127% 46 97.87%
4 Bebas gratifikasi 0 2 7 38 177 94.14% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
0 7 18 163 720 95.74% 7 3.723% 181 96.27%
100




0
96.80%
95.74%
96.27%
94.14%
95.74%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
97.02%
83.58%
98.29%
97.87%
96.27%
95.50%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.50%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005