DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 1 22 40 232 86.56% 5 7.462% 62 92.53%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 5 22 36 224 83.58% 9 13.43% 58 86.56%
3 Kecukupan makanan 5 0 11 51 242 90.29% 5 7.462% 62 92.53%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 1 12 50 242 90.29% 5 7.462% 62 92.53%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 0 7 54 243 90.67% 6 8.955% 61 91.04%
Jumlah
23 7 74 231 1183 88.28% 30 8.955% 305 91.04%
100




0
86.56%
83.58%
90.29%
90.29%
90.67%
88.28%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 6 0 14 47 236 88.05% 6 8.955% 61 91.04%
2 Penggunaan metode mengajar 4 2 19 42 233 86.94% 6 8.955% 61 91.04%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 1 15 47 239 89.17% 5 7.462% 62 92.53%
4 Penggunaan media pembelajaran 5 0 19 43 234 87.31% 5 7.462% 62 92.53%
5 Penguasaan materi 5 1 14 47 237 88.43% 6 8.955% 61 91.04%
Jumlah
24 4 81 226 1179 87.98% 28 8.358% 307 91.64%
100




0
88.05%
86.94%
89.17%
87.31%
88.43%
87.98%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 2 10 52 245 91.41% 5 7.462% 62 92.53%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 2 23 38 229 85.44% 6 8.955% 61 91.04%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 2 13 49 242 90.29% 5 7.462% 62 92.53%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 10 4 18 35 212 79.10% 14 20.89% 53 79.10%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 2 23 38 229 85.44% 6 8.955% 61 91.04%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 1 20 42 234 87.31% 5 7.462% 62 92.53%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 1 24 38 230 85.82% 5 7.462% 62 92.53%
Jumlah
32 14 131 292 1621 86.40% 46 9.808% 423 90.19%
100




0
91.41%
85.44%
90.29%
79.10%
85.44%
87.31%
85.82%
86.40%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 1 8 54 246 91.79% 5 7.462% 62 92.53%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 2 16 44 233 86.94% 7 10.44% 60 89.55%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 3 14 46 236 88.05% 7 10.44% 60 89.55%
4 Kelancaran proses asessment 4 1 15 47 239 89.17% 5 7.462% 62 92.53%
5 Kedisiplinan 4 0 16 47 240 89.55% 4 5.970% 63 94.02%
Jumlah
21 7 69 238 1194 89.10% 28 8.358% 307 91.64%
100




0
91.79%
86.94%
88.05%
89.17%
89.55%
89.10%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 4 2 11 50 241 89.92% 6 8.955% 61 91.04%
2 Layanan makanan 4 2 11 50 241 89.92% 6 8.955% 61 91.04%
3 Layanan panitia kegiatan 4 1 15 47 239 89.17% 5 7.462% 62 92.53%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 2 16 45 236 88.05% 6 8.955% 61 91.04%
5 Keramahan 4 0 14 49 242 90.29% 4 5.970% 63 94.02%
Jumlah
20 7 67 241 1199 89.47% 27 8.059% 308 91.94%
100




0
89.92%
89.92%
89.17%
88.05%
90.29%
89.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 9 54 248 92.53% 4 5.970% 63 94.02%
2 Transparansi keuangan 4 1 13 49 241 89.92% 5 7.462% 62 92.53%
3 Bebas Pungli 5 0 8 54 245 91.41% 5 7.462% 62 92.53%
4 Bebas gratifikasi 3 2 10 52 245 91.41% 5 7.462% 62 92.53%
Jumlah
15 4 40 209 979 91.32% 19 7.089% 249 92.91%
100




0
92.53%
89.92%
91.41%
91.41%
91.32%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.04%
91.64%
90.19%
91.64%
91.94%
92.91%
91.56%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.56%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005