DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
3 Kecukupan makanan 10 0 21 19 149 74.5% 10 20% 40 80%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 9 3 22 16 145 72.5% 12 24% 40 76%
5 Kelancaran penerangan Listrik 10 1 22 17 146 73% 11 22% 39 78%
Jumlah
29 4 165 52 740 74% 33 13.2% 217 86.8%
100




0
75%
75%
74.5%
72.5%
73%
74%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 10 0 11 29 159 79.5% 10 20% 40 80%
2 Penggunaan metode mengajar 10 0 12 28 158 79% 10 20% 40 80%
3 Keterampilan & berkomunikasi 10 0 10 30 160 80% 10 20% 40 80%
4 Penggunaan media pembelajaran 10 0 12 28 158 79% 10 20% 40 80%
5 Penguasaan materi 10 0 11 29 159 79.5% 10 20% 40 80%
Jumlah
50 0 56 144 794 79.4% 50 20% 200 80%
100




0
79.5%
79%
80%
79%
79.5%
79.4%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 10 1 24 15 144 72% 11 22% 39 78%
2 Kebersihan Toilet (WC) 9 3 26 12 141 70.5% 12 24% 38 76%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 9 1 21 19 150 75% 10 20% 40 80%
6 Kenyamanan ruang praktek 9 3 24 14 143 71.5% 12 24% 38 76%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
Jumlah
37 8 245 60 1028 73.42% 45 12.85% 305 87.14%
100




0
72%
70.5%
75%
75%
75%
71.5%
75%
73.42%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 10 0 15 25 155 77.5% 10 20% 40 80%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 9 1 13 27 158 79% 10 20% 40 80%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 10 0 15 25 155 77.5% 10 20% 40 80%
4 Kelancaran proses asessment 9 1 16 24 155 77.5% 10 20% 40 80%
5 Kedisiplinan 10 0 12 28 158 79% 10 20% 40 80%
Jumlah
48 2 71 129 781 78.1% 50 20% 200 80%
100




0
77.5%
79%
77.5%
77.5%
79%
78.1%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 50 0 150 75% 0 0% 50 100%
2 Layanan makanan 10 0 19 21 151 75.5% 10 20% 40 80%
3 Layanan panitia kegiatan 10 0 18 22 152 76% 10 20% 40 80%
4 Layanan administrasi kegiatan 10 0 20 20 150 75% 10 20% 40 80%
5 Keramahan 10 0 7 33 163 81.5% 10 20% 40 80%
Jumlah
40 0 114 96 766 76.6% 40 16% 210 84%
100




0
75%
75.5%
76%
75%
81.5%
76.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 10 0 17 23 153 76.5% 10 20% 40 80%
2 Transparansi keuangan 10 0 18 22 152 76% 10 20% 40 80%
3 Bebas Pungli 10 0 17 23 153 76.5% 10 20% 40 80%
4 Bebas gratifikasi 10 0 21 19 149 74.5% 10 20% 40 80%
Jumlah
40 0 73 87 607 75.87% 40 20% 160 80%
100




0
76.5%
76%
76.5%
74.5%
75.87%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
86.8%
80%
87.14%
80%
84%
80%
82.99%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 82.99%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005