DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 1 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 24 108 96.42% 0 0% 28 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 5 23 107 95.53% 0 0% 28 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
Jumlah
0 0 68 72 492 87.85% 0 0% 140 100%
100




0
75%
75%
96.42%
95.53%
97.32%
87.85%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 2 26 110 98.21% 0 0% 28 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 1 27 111 99.10% 0 0% 28 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 2 26 110 98.21% 0 0% 28 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 24 108 96.42% 0 0% 28 100%
Jumlah
0 0 12 128 548 97.85% 0 0% 140 100%
100




0
98.21%
99.10%
98.21%
97.32%
96.42%
97.85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 5 22 104 92.85% 1 3.571% 27 96.42%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 5 6 16 93 83.03% 6 21.42% 22 78.57%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 6 19 99 88.39% 3 10.71% 25 89.28%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 6 20 102 91.07% 2 7.142% 26 92.85%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 28 0 0 56 50% 28 100% 0 0%
Jumlah
3 37 79 77 622 79.33% 40 20.40% 156 79.59%
100




0
92.85%
83.03%
75%
75%
88.39%
91.07%
50%
79.33%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 5 22 105 93.75% 1 3.571% 27 96.42%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
5 Kedisiplinan 0 0 2 26 110 98.21% 0 0% 28 100%
Jumlah
0 1 16 123 542 96.78% 1 0.714% 139 99.28%
100




0
97.32%
93.75%
97.32%
97.32%
98.21%
96.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
2 Layanan makanan 0 0 2 26 110 98.21% 0 0% 28 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 2 26 110 98.21% 0 0% 28 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
5 Keramahan 0 0 3 25 109 97.32% 0 0% 28 100%
Jumlah
0 0 38 102 522 93.21% 0 0% 140 100%
100




0
75%
98.21%
98.21%
97.32%
97.32%
93.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 1 26 109 97.32% 1 3.571% 27 96.42%
2 Transparansi keuangan 0 0 4 24 108 96.42% 0 0% 28 100%
3 Bebas Pungli 1 0 2 25 107 95.53% 1 3.571% 27 96.42%
4 Bebas gratifikasi 1 0 2 25 107 95.53% 1 3.571% 27 96.42%
Jumlah
2 1 9 100 431 96.20% 3 2.678% 109 97.32%
100




0
97.32%
96.42%
95.53%
95.53%
96.20%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
79.59%
99.28%
100%
97.32%
96.03%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.03%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005