DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 11 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 16 24 146 89.02% 1 2.439% 40 97.56%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 16 25 148 90.24% 0 0% 40 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 19 20 141 85.97% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
0 3 133 69 681 83.04% 3 1.463% 202 98.53%
100




0
75%
75%
89.02%
90.24%
85.97%
83.04%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 22 19 142 86.58% 0 0% 41 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 17 24 147 89.63% 0 0% 41 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 22 18 140 85.36% 1 2.439% 40 97.56%
5 Penguasaan materi 0 0 20 21 144 87.80% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 1 104 100 714 87.07% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
86.58%
85.97%
89.63%
85.36%
87.80%
87.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 26 13 134 81.70% 2 4.878% 39 95.12%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 24 17 140 85.36% 0 0% 41 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 5 17 18 134 81.70% 6 14.63% 35 85.36%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 23 16 137 83.53% 2 4.878% 39 95.12%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
1 50 172 64 873 76.04% 51 17.77% 236 82.22%
100




0
81.70%
85.36%
75%
75%
81.70%
83.53%
50%
76.04%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 19 22 145 88.41% 0 0% 41 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 26 12 132 80.48% 3 7.317% 38 92.68%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 25 13 133 81.09% 3 7.317% 38 92.68%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 26 15 138 84.14% 0 0% 41 100%
5 Kedisiplinan 0 0 24 17 140 85.36% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 6 120 79 688 83.90% 6 2.926% 199 97.07%
100




0
88.41%
80.48%
81.09%
84.14%
85.36%
83.90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 0 0 16 25 148 90.24% 0 0% 41 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 22 19 142 86.58% 0 0% 41 100%
5 Keramahan 0 1 15 25 147 89.63% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
0 1 117 87 701 85.48% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
75%
90.24%
85.97%
86.58%
89.63%
85.48%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
3 Bebas Pungli 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 23 18 141 85.97% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 0 92 72 564 85.97% 0 0% 164 100%
100




0
85.97%
85.97%
85.97%
85.97%
85.97%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.53%
99.51%
82.22%
97.07%
99.51%
100%
96.14%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.14%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005