DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 12 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 3 5 11 22 134 81.70% 8 19.51% 33 80.48%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 7 11 22 136 82.92% 8 19.51% 33 80.48%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 13 25 145 88.41% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
4 15 117 69 661 80.60% 19 9.268% 186 90.73%
100




0
75%
75%
81.70%
82.92%
88.41%
80.60%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 1 15 25 147 89.63% 1 2.439% 40 97.56%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 14 27 150 91.46% 0 0% 41 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 14 27 150 91.46% 0 0% 41 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 16 25 148 90.24% 0 0% 41 100%
5 Penguasaan materi 0 0 17 24 147 89.63% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 1 76 128 742 90.48% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
89.63%
91.46%
91.46%
90.24%
89.63%
90.48%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 5 14 20 134 81.70% 7 17.07% 34 82.92%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 8 10 20 129 78.65% 11 26.82% 30 73.17%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 4 10 21 128 78.04% 10 24.39% 31 75.60%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 6 10 21 130 79.26% 10 24.39% 31 75.60%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
15 64 126 82 849 73.95% 79 27.52% 208 72.47%
100




0
81.70%
78.65%
75%
75%
78.04%
79.26%
50%
73.95%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 16 23 143 87.19% 2 4.878% 39 95.12%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 5 14 21 137 83.53% 6 14.63% 35 85.36%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 15 23 142 86.58% 3 7.317% 38 92.68%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 16 23 144 87.80% 2 4.878% 39 95.12%
5 Kedisiplinan 0 2 17 22 143 87.19% 2 4.878% 39 95.12%
Jumlah
3 12 78 112 709 86.46% 15 7.317% 190 92.68%
100




0
87.19%
83.53%
86.58%
87.80%
87.19%
86.46%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 3 3 15 20 134 81.70% 6 14.63% 35 85.36%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 18 23 146 89.02% 0 0% 41 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 18 22 144 87.80% 1 2.439% 40 97.56%
5 Keramahan 0 0 14 27 150 91.46% 0 0% 41 100%
Jumlah
3 4 106 92 697 85% 7 3.414% 198 96.58%
100




0
75%
81.70%
89.02%
87.80%
91.46%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 17 24 147 89.63% 0 0% 41 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 18 23 146 89.02% 0 0% 41 100%
3 Bebas Pungli 0 3 13 25 145 88.41% 3 7.317% 38 92.68%
4 Bebas gratifikasi 0 3 14 24 144 87.80% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
0 6 62 96 582 88.71% 6 3.658% 158 96.34%
100




0
89.63%
89.02%
88.41%
87.80%
88.71%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.73%
99.51%
72.47%
92.68%
96.58%
96.34%
91.38%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.38%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005