DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 16 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
3 Kecukupan makanan 3 6 16 18 135 78.48% 9 20.93% 34 79.06%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 22 20 148 86.04% 1 2.325% 34 97.67%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 4 24 14 137 79.65% 5 11.62% 38 88.37%
Jumlah
4 11 148 52 678 78.83% 15 6.976% 200 93.02%
100




0
75%
75%
78.48%
86.04%
79.65%
78.83%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 1 19 23 151 87.79% 1 2.325% 42 97.67%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 14 28 156 90.69% 1 2.325% 42 97.67%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 16 27 156 90.69% 0 0% 43 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 18 25 154 89.53% 0 0% 43 100%
5 Penguasaan materi 0 0 16 27 156 90.69% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 2 83 130 773 89.88% 2 0.930% 213 99.06%
100




0
87.79%
90.69%
90.69%
89.53%
90.69%
89.88%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 14 27 154 89.53% 2 4.651% 41 95.34%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 6 19 17 138 80.23% 7 16.27% 36 83.72%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 15 27 155 90.11% 1 2.325% 42 97.67%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 18 24 152 88.37% 1 2.325% 42 97.67%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 43 0 0 86 50% 43 100% 0 0%
Jumlah
1 53 152 95 943 78.32% 54 17.94% 247 82.05%
100




0
89.53%
80.23%
75%
75%
90.11%
88.37%
50%
78.32%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 12 29 156 90.69% 2 4.651% 41 95.34%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 13 30 159 92.44% 0 0% 43 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 18 25 154 89.53% 0 0% 43 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 20 23 152 88.37% 0 0% 43 100%
5 Kedisiplinan 0 0 16 27 156 90.69% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 2 79 134 777 90.34% 2 0.930% 213 99.06%
100




0
90.69%
92.44%
89.53%
88.37%
90.69%
90.34%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Layanan makanan 5 8 15 15 126 73.25% 13 30.23% 30 69.76%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 14 28 156 90.69% 1 2.325% 42 97.67%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 13 30 159 92.44% 0 0% 43 100%
5 Keramahan 0 1 11 31 159 92.44% 1 2.325% 42 97.67%
Jumlah
5 10 96 104 729 84.76% 15 6.976% 200 93.02%
100




0
75%
73.25%
90.69%
92.44%
92.44%
84.76%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 12 30 158 91.86% 1 2.325% 42 97.67%
2 Transparansi keuangan 0 1 13 29 157 91.27% 1 2.325% 42 97.67%
3 Bebas Pungli 0 1 13 29 157 91.27% 1 2.325% 42 97.67%
4 Bebas gratifikasi 0 0 14 29 158 91.86% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 3 52 117 630 91.56% 3 1.744% 169 98.25%
100




0
91.86%
91.27%
91.27%
91.86%
91.56%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.02%
99.06%
82.05%
99.06%
93.02%
98.25%
94.08%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.08%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005