DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 18 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
3 Kecukupan makanan 1 10 13 19 136 79.06% 11 25.58% 32 74.41%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 16 8 17 126 73.25% 18 41.86% 32 58.13%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 14 26 152 88.37% 3 6.976% 40 93.02%
Jumlah
3 29 121 62 672 78.13% 32 14.88% 183 85.11%
100




0
75%
75%
79.06%
73.25%
88.37%
78.13%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 16 27 156 90.69% 0 0% 43 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 15 27 155 90.11% 1 2.325% 42 97.67%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 16 26 154 89.53% 1 2.325% 42 97.67%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 5 16 22 146 84.88% 5 11.62% 38 88.37%
5 Penguasaan materi 0 0 16 27 156 90.69% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 7 79 129 767 89.18% 7 3.255% 208 96.74%
100




0
90.69%
90.11%
89.53%
84.88%
90.69%
89.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 5 17 21 145 84.30% 5 11.62% 38 88.37%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 15 12 13 121 70.34% 18 41.86% 25 58.13%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 5 14 10 14 119 69.18% 19 44.18% 24 55.81%
6 Kenyamanan ruang praktek 5 12 10 16 123 71.51% 17 39.53% 26 60.46%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 43 0 0 86 50% 43 100% 0 0%
Jumlah
13 89 135 64 852 70.76% 102 33.88% 199 66.11%
100




0
84.30%
70.34%
75%
75%
69.18%
71.51%
50%
70.76%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 13 28 155 90.11% 2 4.651% 41 95.34%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 12 14 16 131 76.16% 13 30.23% 30 69.76%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 18 22 147 85.46% 3 6.976% 40 93.02%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 21 21 149 86.62% 1 2.325% 42 97.67%
5 Kedisiplinan 0 3 23 17 143 83.13% 3 6.976% 40 93.02%
Jumlah
2 20 89 104 725 84.30% 22 10.23% 193 89.76%
100




0
90.11%
76.16%
85.46%
86.62%
83.13%
84.30%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Layanan makanan 4 9 9 21 133 77.32% 13 30.23% 30 69.76%
3 Layanan panitia kegiatan 0 4 19 20 145 84.30% 4 9.302% 39 90.69%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 20 22 150 87.20% 1 2.325% 42 97.67%
5 Keramahan 0 1 14 28 156 90.69% 1 2.325% 42 97.67%
Jumlah
4 15 105 91 713 82.90% 19 8.837% 196 91.16%
100




0
75%
77.32%
84.30%
87.20%
90.69%
82.90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 3 14 26 152 88.37% 3 6.976% 40 93.02%
2 Transparansi keuangan 0 5 15 23 147 85.46% 5 11.62% 38 88.37%
3 Bebas Pungli 0 2 15 26 153 88.95% 2 4.651% 41 95.34%
4 Bebas gratifikasi 0 2 15 26 153 88.95% 2 4.651% 41 95.34%
Jumlah
0 12 59 101 605 87.93% 12 6.976% 160 93.02%
100




0
88.37%
85.46%
88.95%
88.95%
87.93%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
85.11%
96.74%
66.11%
89.76%
91.16%
93.02%
86.98%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.98%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005