DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 19 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 5 43 187 97.39% 0 0% 48 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 13 13 20 147 76.56% 15 31.25% 48 68.75%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 16 29 170 88.54% 3 6.25% 45 93.75%
Jumlah
2 16 130 92 792 82.5% 18 7.5% 222 92.5%
100




0
75%
75%
97.39%
76.56%
88.54%
82.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 8 40 184 95.83% 0 0% 48 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 11 37 181 94.27% 0 0% 48 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 41 185 96.35% 0 0% 48 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 10 38 182 94.79% 0 0% 48 100%
5 Penguasaan materi 0 0 7 41 185 96.35% 0 0% 48 100%
Jumlah
0 0 43 197 917 95.52% 0 0% 240 100%
100




0
95.83%
94.27%
96.35%
94.79%
96.35%
95.52%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 10 11 27 161 83.85% 10 20.83% 38 79.16%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 14 17 16 144 75% 15 31.25% 33 68.75%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 10 17 20 152 79.16% 11 22.91% 37 77.08%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 11 16 21 154 80.20% 11 22.91% 37 77.08%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 48 0 0 96 50% 48 100% 0 0%
Jumlah
2 93 157 84 995 74.03% 95 28.27% 241 71.72%
100




0
83.85%
75%
75%
75%
79.16%
80.20%
50%
74.03%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 10 37 180 93.75% 1 2.083% 47 97.91%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 6 18 23 159 82.81% 7 14.58% 41 85.41%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 17 30 173 90.10% 1 2.083% 47 97.91%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 15 33 177 92.18% 0 0% 48 100%
5 Kedisiplinan 0 2 13 33 175 91.14% 2 4.166% 46 95.83%
Jumlah
1 10 73 156 864 90% 11 4.583% 229 95.41%
100




0
93.75%
82.81%
90.10%
92.18%
91.14%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Layanan makanan 0 1 3 44 187 97.39% 1 2.083% 47 97.91%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 6 41 184 95.83% 1 2.083% 47 97.91%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 9 39 183 95.31% 0 0% 48 100%
5 Keramahan 0 0 4 44 188 97.91% 0 0% 48 100%
Jumlah
0 2 70 168 886 92.29% 2 0.833% 238 99.16%
100




0
75%
97.39%
95.83%
95.31%
97.91%
92.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 2 7 39 181 94.27% 2 4.166% 46 95.83%
2 Transparansi keuangan 0 4 5 39 179 93.22% 4 8.333% 44 91.66%
3 Bebas Pungli 0 2 6 40 182 94.79% 2 4.166% 46 95.83%
4 Bebas gratifikasi 0 3 6 39 180 93.75% 3 6.25% 45 93.75%
Jumlah
0 11 24 157 722 94.01% 11 5.729% 181 94.27%
100




0
94.27%
93.22%
94.79%
93.75%
94.01%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.5%
100%
71.72%
95.41%
99.16%
94.27%
92.18%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.18%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005