DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 2 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 1 17 41 218 90.83% 2 3.333% 58 96.66%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 5 24 29 200 83.33% 7 11.66% 53 88.33%
3 Kecukupan makanan 1 2 17 40 216 90% 3 5% 57 95%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 8 50 226 94.16% 2 3.333% 57 96.66%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 8 50 227 94.58% 2 3.333% 58 96.66%
Jumlah
7 9 74 210 1087 90.58% 16 5.333% 284 94.66%
100




0
90.83%
83.33%
90%
94.16%
94.58%
90.58%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 1 0 17 42 220 91.66% 1 1.666% 59 98.33%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 11 47 224 93.33% 2 3.333% 58 96.66%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 12 46 223 92.91% 2 3.333% 58 96.66%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 1 12 46 223 92.91% 2 3.333% 58 96.66%
5 Penguasaan materi 1 0 12 47 225 93.75% 1 1.666% 59 98.33%
Jumlah
5 3 64 228 1115 92.91% 8 2.666% 292 97.33%
100




0
91.66%
93.33%
92.91%
92.91%
93.75%
92.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 5 54 232 96.66% 1 1.666% 59 98.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 0 17 42 220 91.66% 1 1.666% 59 98.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 0 9 50 228 95% 1 1.666% 59 98.33%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 11 17 28 189 78.75% 15 25% 45 75%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 1 12 45 220 91.66% 3 5% 57 95%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 11 46 222 92.5% 3 5% 57 95%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 1 10 48 225 93.75% 2 3.333% 58 96.66%
Jumlah
11 15 81 313 1536 91.42% 26 6.190% 394 93.80%
100




0
96.66%
91.66%
95%
78.75%
91.66%
92.5%
93.75%
91.42%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 1 7 50 225 93.75% 3 5% 57 95%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 11 47 223 92.91% 2 3.333% 58 96.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 15 43 220 91.66% 2 3.333% 58 96.66%
4 Kelancaran proses asessment 0 3 8 49 226 94.16% 3 5% 57 95%
5 Kedisiplinan 2 1 11 46 221 92.08% 3 5% 57 95%
Jumlah
7 6 52 235 1115 92.91% 13 4.333% 287 95.66%
100




0
93.75%
92.91%
91.66%
94.16%
92.08%
92.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 1 9 49 226 94.16% 2 3.333% 58 96.66%
2 Layanan makanan 1 3 13 43 218 90.83% 4 6.666% 56 93.33%
3 Layanan panitia kegiatan 1 3 10 46 221 92.08% 4 6.666% 56 93.33%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 7 51 227 94.58% 2 3.333% 58 96.66%
5 Keramahan 2 1 7 50 225 93.75% 3 5% 57 95%
Jumlah
7 8 46 239 1117 93.08% 15 5% 285 95%
100




0
94.16%
90.83%
92.08%
94.58%
93.75%
93.08%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 2 6 50 224 93.33% 4 6.666% 56 93.33%
2 Transparansi keuangan 2 1 10 47 222 92.5% 3 5% 57 95%
3 Bebas Pungli 2 0 6 52 228 95% 2 3.333% 58 96.66%
4 Bebas gratifikasi 2 0 11 47 223 92.91% 2 3.333% 58 96.66%
Jumlah
8 3 33 196 897 93.43% 11 4.583% 229 95.41%
100




0
93.33%
92.5%
95%
92.91%
93.43%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.66%
97.33%
93.80%
95.66%
95%
95.41%
95.31%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.31%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005