DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 2 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 21 21 151 85.79% 2 4.545% 42 95.45%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 13 31 163 92.61% 0 0% 42 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 2 140 78 736 83.63% 2 0.909% 218 99.09%
100




0
75%
75%
85.79%
92.61%
89.77%
83.63%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 24 19 150 85.22% 1 2.272% 43 97.72%
5 Penguasaan materi 0 0 21 23 155 88.06% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 1 99 120 779 88.52% 1 0.454% 219 99.54%
100




0
89.20%
89.20%
90.90%
85.22%
88.06%
88.52%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 24 18 148 84.09% 2 4.545% 42 95.45%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 21 22 153 86.93% 1 2.272% 43 97.72%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 27 12 139 78.97% 5 11.36% 39 88.63%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 27 15 145 82.38% 2 4.545% 42 95.45%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
0 54 187 67 937 76.05% 54 17.53% 254 82.46%
100




0
84.09%
86.93%
75%
75%
78.97%
82.38%
50%
76.05%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 22 22 154 87.5% 0 0% 44 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 26 16 146 82.95% 2 4.545% 42 95.45%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 22 20 149 84.65% 2 4.545% 42 95.45%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 25 19 151 85.79% 0 0% 44 100%
5 Kedisiplinan 0 2 22 20 150 85.22% 2 4.545% 42 95.45%
Jumlah
1 5 117 97 750 85.22% 6 2.727% 214 97.27%
100




0
87.5%
82.95%
84.65%
85.79%
85.22%
85.22%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 0 1 22 21 152 86.36% 1 2.272% 43 97.72%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 21 22 153 86.93% 1 2.272% 43 97.72%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 23 20 151 85.79% 1 2.272% 43 97.72%
5 Keramahan 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 3 126 91 748 85% 3 1.363% 217 98.63%
100




0
75%
86.36%
86.93%
85.79%
90.90%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
3 Bebas Pungli 0 1 16 27 158 89.77% 1 2.272% 43 97.72%
4 Bebas gratifikasi 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 1 68 107 634 90.05% 1 0.568% 175 99.43%
100




0
89.77%
89.77%
89.77%
90.90%
90.05%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.09%
99.54%
82.46%
97.27%
98.63%
99.43%
96.07%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.07%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005