DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 2 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 13 32 171 90.95% 2 4.255% 47 95.74%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 2 125 108 811 86.27% 2 0.851% 233 99.14%
100




0
75%
75%
97.34%
90.95%
93.08%
86.27%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 1 0 10 36 175 93.08% 1 2.127% 46 97.87%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 8 39 180 95.74% 0 0% 47 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 40 181 96.27% 0 0% 47 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 9 38 179 95.21% 0 0% 47 100%
5 Penguasaan materi 0 1 10 36 176 93.61% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
1 1 44 189 891 94.78% 2 0.851% 233 99.14%
100




0
93.08%
95.74%
96.27%
95.21%
93.61%
94.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 12 33 172 91.48% 2 4.255% 45 95.74%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 13 31 169 89.89% 3 6.382% 44 93.61%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 14 31 170 90.42% 2 4.255% 45 95.74%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 13 32 171 90.95% 2 4.255% 45 95.74%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
0 56 146 127 1058 80.39% 56 17.02% 273 82.97%
100




0
91.48%
89.89%
75%
75%
90.42%
90.95%
50%
80.39%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 11 36 177 94.14% 0 0% 47 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
5 Kedisiplinan 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 62 173 878 93.40% 0 0% 235 100%
100




0
94.14%
93.08%
93.61%
93.61%
92.55%
93.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 0 0 8 39 180 95.74% 0 0% 47 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 8 38 178 94.68% 1 2.127% 46 97.87%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 8 39 180 95.74% 0 0% 47 100%
5 Keramahan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 1 77 157 861 91.59% 1 0.425% 234 99.57%
100




0
75%
95.74%
94.68%
95.74%
96.80%
91.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 9 38 179 95.21% 0 0% 47 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 10 37 178 94.68% 0 0% 47 100%
3 Bebas Pungli 0 0 10 37 178 94.68% 0 0% 47 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 10 37 178 94.68% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 39 149 713 94.81% 0 0% 188 100%
100




0
95.21%
94.68%
94.68%
94.68%
94.81%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.14%
99.14%
82.97%
100%
99.57%
100%
96.80%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.80%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005