DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 1 24 42 247 85.76% 6 8.333% 66 91.66%
2 Perlengkapan kamar tidur 5 1 27 39 244 84.72% 6 8.333% 66 91.66%
3 Kecukupan makanan 2 3 16 51 260 90.27% 5 6.944% 67 93.05%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 3 20 48 259 89.93% 4 5.555% 67 94.44%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 21 48 261 90.62% 3 4.166% 69 95.83%
Jumlah
13 11 108 228 1271 88.26% 24 6.666% 336 93.33%
100




0
85.76%
84.72%
90.27%
89.93%
90.62%
88.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 2 1 18 51 262 90.97% 3 4.166% 69 95.83%
2 Penggunaan metode mengajar 2 1 16 53 264 91.66% 3 4.166% 69 95.83%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 1 15 54 265 92.01% 3 4.166% 69 95.83%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 1 17 52 263 91.31% 3 4.166% 69 95.83%
5 Penguasaan materi 2 0 18 52 264 91.66% 2 2.777% 70 97.22%
Jumlah
10 4 84 262 1318 91.52% 14 3.888% 346 96.11%
100




0
90.97%
91.66%
92.01%
91.31%
91.66%
91.52%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 2 24 45 257 89.23% 3 4.166% 69 95.83%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 3 25 43 254 88.19% 4 5.555% 68 94.44%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 2 21 47 257 89.23% 4 5.555% 68 94.44%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 3 23 40 241 83.68% 9 12.5% 63 87.5%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 4 27 40 250 86.80% 5 6.944% 67 93.05%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 29 40 251 87.15% 3 4.166% 69 95.83%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 3 23 45 256 88.88% 4 5.555% 68 94.44%
Jumlah
14 18 172 300 1766 87.59% 32 6.349% 472 93.65%
100




0
89.23%
88.19%
89.23%
83.68%
86.80%
87.15%
88.88%
87.59%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 2 19 50 262 90.97% 3 4.166% 69 95.83%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 1 29 40 251 87.15% 3 4.166% 69 95.83%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 27 42 253 87.84% 3 4.166% 69 95.83%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 24 45 256 88.88% 3 4.166% 69 95.83%
5 Kedisiplinan 1 2 20 49 261 90.62% 3 4.166% 69 95.83%
Jumlah
8 7 119 226 1283 89.09% 15 4.166% 345 95.83%
100




0
90.97%
87.15%
87.84%
88.88%
90.62%
89.09%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 1 28 42 255 88.54% 2 2.777% 70 97.22%
2 Layanan makanan 0 3 15 54 267 92.70% 3 4.166% 69 95.83%
3 Layanan panitia kegiatan 2 1 15 54 265 92.01% 3 4.166% 69 95.83%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 2 14 55 267 92.70% 3 4.166% 69 95.83%
5 Keramahan 2 1 18 51 262 90.97% 3 4.166% 69 95.83%
Jumlah
6 8 90 256 1316 91.38% 14 3.888% 346 96.11%
100




0
88.54%
92.70%
92.01%
92.70%
90.97%
91.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 16 54 266 92.36% 2 2.777% 70 97.22%
2 Transparansi keuangan 0 3 17 52 265 92.01% 3 4.166% 69 95.83%
3 Bebas Pungli 1 1 18 52 265 92.01% 2 2.777% 70 97.22%
4 Bebas gratifikasi 1 2 16 53 265 92.01% 3 4.166% 69 95.83%
Jumlah
4 6 67 211 1061 92.10% 10 3.472% 278 96.52%
100




0
92.36%
92.01%
92.01%
92.01%
92.10%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.33%
96.11%
93.65%
95.83%
96.11%
96.52%
95.26%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.26%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005