DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 4 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 3 4 22 40 237 85.86% 7 10.14% 62 89.85%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 13 23 32 224 81.15% 14 20.28% 55 79.71%
3 Kecukupan makanan 3 1 17 48 248 89.85% 4 5.797% 65 94.20%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 27 26 13 187 67.75% 30 43.47% 65 56.52%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 1 12 53 253 91.66% 4 5.797% 65 94.20%
Jumlah
13 46 100 186 1149 83.26% 59 17.10% 286 82.89%
100




0
85.86%
81.15%
89.85%
67.75%
91.66%
83.26%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 3 2 19 45 244 88.40% 5 7.246% 64 92.75%
2 Penggunaan metode mengajar 3 3 23 40 238 86.23% 6 8.695% 63 91.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 2 21 43 242 87.68% 5 7.246% 64 92.75%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 20 46 247 89.49% 3 4.347% 66 95.65%
5 Penguasaan materi 3 0 17 49 250 90.57% 3 4.347% 66 95.65%
Jumlah
15 7 100 223 1221 88.47% 22 6.376% 323 93.62%
100




0
88.40%
86.23%
87.68%
89.49%
90.57%
88.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 15 51 252 91.30% 3 4.347% 66 95.65%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 5 22 38 232 84.05% 9 13.04% 60 86.95%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 21 45 246 89.13% 3 4.347% 66 95.65%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 17 17 29 207 75% 23 33.33% 46 66.66%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 5 25 37 235 85.14% 7 10.14% 62 89.85%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 6 20 41 238 86.23% 8 11.59% 61 88.40%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 5 16 46 244 88.40% 7 10.14% 62 89.85%
Jumlah
22 38 136 287 1654 85.61% 60 12.42% 423 87.57%
100




0
91.30%
84.05%
89.13%
75%
85.14%
86.23%
88.40%
85.61%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 1 14 52 254 92.02% 3 4.347% 66 95.65%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 7 19 42 240 86.95% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 4 30 34 235 85.14% 5 7.246% 64 92.75%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 26 41 244 88.40% 2 2.898% 67 97.10%
5 Kedisiplinan 1 1 21 46 250 90.57% 2 2.898% 67 97.10%
Jumlah
7 13 110 215 1223 88.62% 20 5.797% 325 94.20%
100




0
92.02%
86.95%
85.14%
88.40%
90.57%
88.62%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 0 14 53 256 92.75% 2 2.898% 67 97.10%
2 Layanan makanan 3 3 12 51 249 90.21% 6 8.695% 63 91.30%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 16 51 254 92.02% 2 2.898% 67 97.10%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 19 48 251 90.94% 2 2.898% 67 97.10%
5 Keramahan 2 4 13 50 249 90.21% 6 8.695% 63 91.30%
Jumlah
11 7 74 253 1259 91.23% 18 5.217% 327 94.78%
100




0
92.75%
90.21%
92.02%
90.94%
90.21%
91.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 14 51 251 90.94% 4 5.797% 65 94.20%
2 Transparansi keuangan 3 1 16 49 249 90.21% 4 5.797% 65 94.20%
3 Bebas Pungli 3 0 17 49 250 90.57% 3 4.347% 66 95.65%
4 Bebas gratifikasi 3 1 16 49 249 90.21% 4 5.797% 65 94.20%
Jumlah
12 3 63 198 999 90.48% 15 5.434% 261 94.56%
100




0
90.94%
90.21%
90.57%
90.21%
90.48%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
82.89%
93.62%
87.57%
94.20%
94.78%
94.56%
91.27%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.27%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005