DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 5 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 3 5 1 27 61.36% 5 45.45% 6 54.54%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 3 4 2 28 63.63% 5 45.45% 6 54.54%
3 Kecukupan makanan 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 5 3 31 70.45% 3 27.27% 8 72.72%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 1 7 34 77.27% 3 27.27% 8 72.72%
Jumlah
12 7 17 19 153 69.54% 19 34.54% 36 65.45%
100




0
61.36%
63.63%
75%
70.45%
77.27%
69.54%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 3 1 1 6 32 72.72% 4 36.36% 7 63.63%
2 Penggunaan metode mengajar 4 0 2 5 30 68.18% 4 36.36% 7 63.63%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 0 1 6 31 70.45% 4 36.36% 7 63.63%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
5 Penguasaan materi 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
Jumlah
17 1 8 29 159 72.27% 18 32.72% 37 67.27%
100




0
72.72%
68.18%
70.45%
75%
75%
72.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 4 5 34 77.27% 2 18.18% 9 81.81%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 6 1 28 63.63% 4 36.36% 7 63.63%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 1 5 3 31 70.45% 3 27.27% 8 72.72%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 2 4 2 3 28 63.63% 6 54.54% 5 45.45%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 4 4 31 70.45% 3 27.27% 8 72.72%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 4 5 34 77.27% 2 18.18% 9 81.81%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 1 1 6 32 72.72% 4 36.36% 7 63.63%
Jumlah
16 8 26 27 218 70.77% 24 31.16% 53 68.83%
100




0
77.27%
63.63%
70.45%
63.63%
70.45%
77.27%
72.72%
70.77%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 3 5 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 0 3 5 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 0 4 4 31 70.45% 3 27.27% 8 72.72%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 3 5 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
5 Kedisiplinan 3 0 4 4 31 70.45% 3 27.27% 8 72.72%
Jumlah
15 0 17 23 158 71.81% 15 27.27% 40 72.72%
100




0
72.72%
72.72%
70.45%
72.72%
70.45%
71.81%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 3 5 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
2 Layanan makanan 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 3 5 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
5 Keramahan 3 0 1 7 34 77.27% 3 27.27% 8 72.72%
Jumlah
14 1 11 29 165 75% 15 27.27% 40 72.72%
100




0
75%
75%
72.72%
75%
77.27%
75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 3 5 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
2 Transparansi keuangan 2 1 4 4 32 72.72% 3 27.27% 8 72.72%
3 Bebas Pungli 3 0 1 7 34 77.27% 3 27.27% 8 72.72%
4 Bebas gratifikasi 3 0 2 6 33 75% 3 27.27% 8 72.72%
Jumlah
11 1 10 22 131 74.43% 12 27.27% 32 72.72%
100




0
72.72%
72.72%
77.27%
75%
74.43%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
65.45%
67.27%
68.83%
72.72%
72.72%
72.72%
69.95%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 69.95%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005