DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 5 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 1 42 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
3 0 93 124 778 88.40% 3 1.363% 217 98.63%
100




0
75%
75%
97.72%
97.15%
97.15%
88.40%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 1 2 41 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 1 42 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 2 41 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
5 Penguasaan materi 0 1 1 42 173 98.29% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
2 3 8 207 860 97.72% 5 2.272% 215 97.72%
100




0
97.72%
97.72%
97.72%
97.15%
98.29%
97.72%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 0 43 173 98.29% 1 2.272% 43 97.72%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 5 37 166 94.31% 2 4.545% 42 95.45%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 5 38 168 95.45% 1 2.272% 43 97.72%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
4 45 100 159 1030 83.60% 49 15.90% 259 84.09%
100




0
98.29%
94.31%
75%
75%
95.45%
97.15%
50%
83.60%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 0 4 39 169 96.02% 1 2.272% 43 97.72%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 1 42 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
5 Kedisiplinan 1 0 3 40 170 96.59% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
5 0 12 203 853 96.93% 5 2.272% 215 97.72%
100




0
97.15%
96.02%
97.72%
97.15%
96.59%
96.93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 1 0 0 43 173 98.29% 1 2.272% 43 97.72%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 1 42 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 4 39 169 96.02% 1 2.272% 43 97.72%
5 Keramahan 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
4 0 51 165 817 92.84% 4 1.818% 216 98.18%
100




0
75%
98.29%
97.72%
96.02%
97.15%
92.84%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
2 Transparansi keuangan 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
3 Bebas Pungli 1 0 1 42 172 97.72% 1 2.272% 43 97.72%
4 Bebas gratifikasi 1 0 2 41 171 97.15% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
4 0 7 165 685 97.30% 4 2.272% 172 97.72%
100




0
97.15%
97.15%
97.72%
97.15%
97.30%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.63%
97.72%
84.09%
97.72%
98.18%
97.72%
95.68%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.68%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005