DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 5 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 9 36 171 95% 0 0% 45 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 11 33 167 92.77% 1 2.222% 45 97.77%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 9 34 166 92.22% 2 4.444% 43 95.55%
Jumlah
1 2 119 103 774 86% 3 1.333% 222 98.66%
100




0
75%
75%
95%
92.77%
92.22%
86%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 5 40 175 97.22% 0 0% 45 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 3 41 174 96.66% 1 2.222% 44 97.77%
5 Penguasaan materi 0 0 2 43 178 98.88% 0 0% 45 100%
Jumlah
1 0 18 206 879 97.66% 1 0.444% 224 99.55%
100




0
97.22%
97.77%
97.77%
96.66%
98.88%
97.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 5 3 11 26 148 82.22% 8 17.77% 37 82.22%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 6 9 24 141 78.33% 12 26.66% 33 73.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 10 32 163 90.55% 3 6.666% 42 93.33%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 16 26 156 86.66% 3 6.666% 42 93.33%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 45 0 0 90 50% 45 100% 0 0%
Jumlah
14 57 136 108 968 76.82% 71 22.53% 244 77.46%
100




0
82.22%
78.33%
75%
75%
90.55%
86.66%
50%
76.82%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 7 36 167 92.77% 2 4.444% 43 95.55%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 11 32 163 90.55% 2 4.444% 43 95.55%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 8 36 169 93.88% 1 2.222% 44 97.77%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 9 35 168 93.33% 1 2.222% 44 97.77%
5 Kedisiplinan 0 1 8 36 170 94.44% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
6 1 43 175 837 93% 7 3.111% 218 96.88%
100




0
92.77%
90.55%
93.88%
93.33%
94.44%
93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 0 0 7 38 173 96.11% 0 0% 45 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 8 37 172 95.55% 0 0% 45 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 7 37 171 95% 1 2.222% 44 97.77%
5 Keramahan 0 0 6 39 174 96.66% 0 0% 45 100%
Jumlah
0 1 73 151 825 91.66% 1 0.444% 224 99.55%
100




0
75%
96.11%
95.55%
95%
96.66%
91.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 4 40 174 96.66% 1 2.222% 44 97.77%
2 Transparansi keuangan 1 0 7 37 170 94.44% 1 2.222% 44 97.77%
3 Bebas Pungli 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
Jumlah
1 1 19 159 696 96.66% 2 1.111% 178 98.88%
100




0
96.66%
94.44%
97.77%
97.77%
96.66%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.66%
99.55%
77.46%
96.88%
99.55%
98.88%
95.16%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.16%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005