DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 6 1 26 36 230 83.33% 7 10.14% 62 89.85%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 4 33 28 223 80.79% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kecukupan makanan 5 7 23 34 224 81.15% 12 17.39% 57 82.60%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 6 1 16 46 240 86.95% 7 10.14% 57 89.85%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 3 14 45 235 85.14% 10 14.49% 59 85.50%
Jumlah
28 16 112 189 1152 83.47% 44 12.75% 301 87.24%
100




0
83.33%
80.79%
81.15%
86.95%
85.14%
83.47%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 7 1 23 38 230 83.33% 8 11.59% 61 88.40%
2 Penggunaan metode mengajar 6 2 23 38 231 83.69% 8 11.59% 61 88.40%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 1 20 42 236 85.50% 7 10.14% 62 89.85%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 0 22 40 233 84.42% 7 10.14% 62 89.85%
5 Penguasaan materi 6 2 21 40 233 84.42% 8 11.59% 61 88.40%
Jumlah
32 6 109 198 1163 84.27% 38 11.01% 307 88.98%
100




0
83.33%
83.69%
85.50%
84.42%
84.42%
84.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 1 18 43 235 85.14% 8 11.59% 61 88.40%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 4 29 31 224 81.15% 9 13.04% 60 86.95%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 3 27 34 228 82.60% 8 11.59% 61 88.40%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 6 11 26 26 210 76.08% 17 24.63% 52 75.36%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 5 21 37 227 82.24% 11 15.94% 58 84.05%
6 Kenyamanan ruang praktek 6 2 25 36 229 82.97% 8 11.59% 61 88.40%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 6 2 25 36 229 82.97% 8 11.59% 61 88.40%
Jumlah
41 28 171 243 1582 81.88% 69 14.28% 414 85.71%
100




0
85.14%
81.15%
82.60%
76.08%
82.24%
82.97%
82.97%
81.88%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 8 0 20 41 232 84.05% 8 11.59% 61 88.40%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 7 1 21 40 232 84.05% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 7 1 23 38 230 83.33% 8 11.59% 61 88.40%
4 Kelancaran proses asessment 6 1 22 40 234 84.78% 7 10.14% 62 89.85%
5 Kedisiplinan 7 2 14 46 237 85.86% 9 13.04% 60 86.95%
Jumlah
35 5 100 205 1165 84.42% 40 11.59% 305 88.40%
100




0
84.05%
84.05%
83.33%
84.78%
85.86%
84.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 8 0 15 46 237 85.86% 8 11.59% 61 88.40%
2 Layanan makanan 5 4 24 36 229 82.97% 9 13.04% 60 86.95%
3 Layanan panitia kegiatan 6 3 20 40 232 84.05% 9 13.04% 60 86.95%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 2 22 40 235 85.14% 7 10.14% 62 89.85%
5 Keramahan 8 1 20 40 230 83.33% 9 13.04% 60 86.95%
Jumlah
32 10 101 202 1163 84.27% 42 12.17% 303 87.82%
100




0
85.86%
82.97%
84.05%
85.14%
83.33%
84.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 8 1 19 41 231 83.69% 9 13.04% 60 86.95%
2 Transparansi keuangan 7 1 21 40 232 84.05% 8 11.59% 61 88.40%
3 Bebas Pungli 8 1 19 41 231 83.69% 9 13.04% 60 86.95%
4 Bebas gratifikasi 7 1 19 42 234 84.78% 8 11.59% 61 88.40%
Jumlah
30 4 78 164 928 84.05% 34 12.31% 242 87.68%
100




0
83.69%
84.05%
83.69%
84.78%
84.05%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
87.24%
88.98%
85.71%
88.40%
87.82%
87.68%
87.64%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 87.64%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005