DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 7 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 7 27 131 93.57% 1 2.857% 34 97.14%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 16 19 124 88.57% 0 0% 34 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 23 9 111 79.28% 3 8.571% 32 91.42%
Jumlah
0 4 116 55 576 82.28% 4 2.285% 171 97.71%
100




0
75%
75%
93.57%
88.57%
79.28%
82.28%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 10 25 130 92.85% 0 0% 35 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 12 23 128 91.42% 0 0% 35 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 11 23 127 90.71% 1 2.857% 34 97.14%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 12 21 124 88.57% 2 5.714% 33 94.28%
5 Penguasaan materi 0 0 15 20 125 89.28% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 3 60 112 634 90.57% 3 1.714% 172 98.28%
100




0
92.85%
91.42%
90.71%
88.57%
89.28%
90.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 6 17 9 102 72.85% 9 25.71% 26 74.28%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 20 13 116 82.85% 2 5.714% 33 94.28%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 18 17 122 87.14% 0 0% 35 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 6 21 5 98 70% 9 25.71% 26 74.28%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 35 0 0 70 50% 35 100% 0 0%
Jumlah
6 49 146 44 718 73.26% 55 22.44% 190 77.55%
100




0
72.85%
82.85%
75%
75%
87.14%
70%
50%
73.26%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 11 24 129 92.14% 0 0% 35 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 12 22 126 90% 1 2.857% 34 97.14%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 15 19 123 87.85% 1 2.857% 34 97.14%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 16 18 122 87.14% 1 2.857% 34 97.14%
5 Kedisiplinan 0 3 14 18 120 85.71% 3 8.571% 32 91.42%
Jumlah
0 6 68 101 620 88.57% 6 3.428% 169 96.57%
100




0
92.14%
90%
87.85%
87.14%
85.71%
88.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 35 0 105 75% 0 0% 35 100%
2 Layanan makanan 0 2 5 28 131 93.57% 2 5.714% 33 94.28%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 10 25 130 92.85% 0 0% 35 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 11 24 129 92.14% 0 0% 35 100%
5 Keramahan 0 0 11 24 129 92.14% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 2 72 101 624 89.14% 2 1.142% 173 98.85%
100




0
75%
93.57%
92.85%
92.14%
92.14%
89.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 14 20 124 88.57% 1 2.857% 34 97.14%
2 Transparansi keuangan 0 0 20 15 120 85.71% 0 0% 35 100%
3 Bebas Pungli 0 0 16 19 124 88.57% 0 0% 35 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 16 19 124 88.57% 0 0% 35 100%
Jumlah
0 1 66 73 492 87.85% 1 0.714% 139 99.28%
100




0
88.57%
85.71%
88.57%
88.57%
87.85%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.71%
98.28%
77.55%
96.57%
98.85%
99.28%
94.71%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.71%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005