DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 7 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 29 128 96.96% 0 0% 33 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 11 21 119 90.15% 1 3.030% 33 96.96%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 10 23 122 92.42% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 1 91 73 567 85.90% 1 0.606% 164 99.39%
100




0
75%
75%
96.96%
90.15%
92.42%
85.90%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 0 10 23 122 92.42% 0 0% 33 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 6 27 126 95.45% 0 0% 33 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 8 24 122 92.42% 1 3.030% 32 96.96%
5 Penguasaan materi 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 1 40 124 618 93.63% 1 0.606% 164 99.39%
100




0
92.42%
95.45%
94.69%
92.42%
93.18%
93.63%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 12 21 120 90.90% 0 0% 33 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 13 20 119 90.15% 0 0% 33 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 12 21 120 90.90% 0 0% 33 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 14 19 118 89.39% 0 0% 33 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 33 0 0 66 50% 33 100% 0 0%
Jumlah
0 33 117 81 741 80.19% 33 14.28% 198 85.71%
100




0
90.90%
90.15%
75%
75%
90.90%
89.39%
50%
80.19%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 8 24 122 92.42% 1 3.030% 32 96.96%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 8 24 122 92.42% 1 3.030% 32 96.96%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 8 25 124 93.93% 0 0% 33 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 8 25 124 93.93% 0 0% 33 100%
5 Kedisiplinan 0 1 9 23 121 91.66% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
0 3 41 121 613 92.87% 3 1.818% 162 98.18%
100




0
92.42%
92.42%
93.93%
93.93%
91.66%
92.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 28 127 96.21% 0 0% 33 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
5 Keramahan 0 0 6 27 126 95.45% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 0 58 107 602 91.21% 0 0% 165 100%
100




0
75%
96.21%
94.69%
94.69%
95.45%
91.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 8 25 124 93.93% 0 0% 33 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 9 24 123 93.18% 0 0% 33 100%
3 Bebas Pungli 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 7 26 125 94.69% 0 0% 33 100%
Jumlah
0 0 31 101 497 94.12% 0 0% 132 100%
100




0
93.93%
93.18%
94.69%
94.69%
94.12%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.39%
99.39%
85.71%
98.18%
100%
100%
97.11%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.11%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005