DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN COKELAT ANGKATAN 8 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 7 30 147 91.87% 3 7.5% 37 92.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 3 8 26 137 85.62% 6 15% 37 85%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 35 155 96.87% 0 0% 40 100%
Jumlah
3 6 100 91 679 84.87% 9 4.5% 191 95.5%
100




0
75%
75%
91.87%
85.62%
96.87%
84.87%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720002 0 1 7 32 151 94.37% 1 2.5% 39 97.5%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 8 31 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 5 34 153 95.62% 1 2.5% 39 97.5%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 6 32 150 93.75% 2 5% 38 95%
5 Penguasaan materi 0 1 8 31 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
0 6 34 160 754 94.25% 6 3% 194 97%
100




0
94.37%
93.75%
95.62%
93.75%
93.75%
94.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 3 6 28 139 86.87% 6 15% 34 85%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 4 7 29 145 90.62% 4 10% 36 90%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 7 31 148 92.5% 2 5% 38 95%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
4 48 110 118 902 80.53% 52 18.57% 228 81.42%
100




0
93.75%
86.87%
75%
75%
90.62%
92.5%
50%
80.53%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 7 33 153 95.62% 0 0% 40 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 11 27 145 90.62% 2 5% 38 95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 9 31 151 94.37% 0 0% 40 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 13 27 147 91.87% 0 0% 40 100%
5 Kedisiplinan 0 2 9 29 147 91.87% 2 5% 38 95%
Jumlah
0 4 49 147 743 92.87% 4 2% 196 98%
100




0
95.62%
90.62%
94.37%
91.87%
91.87%
92.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 0 2 5 33 151 94.37% 2 5% 38 95%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 11 29 149 93.12% 0 0% 40 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
5 Keramahan 0 0 8 32 152 95% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 2 74 124 722 90.25% 2 1% 198 99%
100




0
75%
94.37%
93.12%
93.75%
95%
90.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 3 16 21 138 86.25% 3 7.5% 37 92.5%
2 Transparansi keuangan 0 2 19 19 137 85.62% 2 5% 38 95%
3 Bebas Pungli 0 2 15 23 141 88.12% 2 5% 38 95%
4 Bebas gratifikasi 0 1 19 20 139 86.87% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
0 8 69 83 555 86.71% 8 5% 152 95%
100




0
86.25%
85.62%
88.12%
86.87%
86.71%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.5%
97%
81.42%
98%
99%
95%
94.32%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.32%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005