DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 8 32 29 229 81.78% 9 12.85% 61 87.14%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 18 35 16 206 73.57% 19 27.14% 51 72.85%
3 Kecukupan makanan 0 0 13 57 267 95.35% 0 0% 70 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 3 7 60 267 95.35% 3 4.285% 70 95.71%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 2 16 51 257 91.78% 3 4.285% 67 95.71%
Jumlah
3 31 103 213 1226 87.57% 34 9.714% 316 90.28%
100




0
81.78%
73.57%
95.35%
95.35%
91.78%
87.57%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 0 4 26 40 246 87.85% 4 5.714% 66 94.28%
2 Penggunaan metode mengajar 0 4 33 33 239 85.35% 4 5.714% 66 94.28%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 2 25 43 251 89.64% 2 2.857% 68 97.14%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 22 48 258 92.14% 0 0% 70 100%
5 Penguasaan materi 0 0 27 43 253 90.35% 0 0% 70 100%
Jumlah
0 10 133 207 1247 89.07% 10 2.857% 340 97.14%
100




0
87.85%
85.35%
89.64%
92.14%
90.35%
89.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 20 48 256 91.42% 2 2.857% 68 97.14%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 5 34 29 230 82.14% 7 10% 63 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 1 34 35 244 87.14% 1 1.428% 69 98.57%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 25 29 7 174 62.14% 34 48.57% 36 51.42%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 8 36 25 225 80.35% 9 12.85% 61 87.14%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 19 48 255 91.07% 3 4.285% 67 95.71%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 5 41 24 229 81.78% 5 7.142% 65 92.85%
Jumlah
12 49 213 216 1613 82.29% 61 12.44% 429 87.55%
100




0
91.42%
82.14%
87.14%
62.14%
80.35%
91.07%
81.78%
82.29%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 31 37 245 87.5% 2 2.857% 68 97.14%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 31 35 240 85.71% 4 5.714% 66 94.28%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 32 38 248 88.57% 0 0% 70 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 32 38 248 88.57% 0 0% 70 100%
5 Kedisiplinan 0 1 33 36 245 87.5% 1 1.428% 69 98.57%
Jumlah
1 6 159 184 1226 87.57% 7 2% 343 98%
100




0
87.5%
85.71%
88.57%
88.57%
87.5%
87.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 21 49 259 92.5% 0 0% 70 100%
2 Layanan makanan 1 0 15 54 262 93.57% 1 1.428% 69 98.57%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 17 53 263 93.92% 0 0% 70 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 17 53 263 93.92% 0 0% 70 100%
5 Keramahan 0 0 19 51 261 93.21% 0 0% 70 100%
Jumlah
1 0 89 260 1308 93.42% 1 0.285% 349 99.71%
100




0
92.5%
93.57%
93.92%
93.92%
93.21%
93.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 21 48 257 91.78% 1 1.428% 69 98.57%
2 Transparansi keuangan 1 3 27 39 244 87.14% 4 5.714% 66 94.28%
3 Bebas Pungli 1 0 21 48 256 91.42% 1 1.428% 69 98.57%
4 Bebas gratifikasi 0 0 27 43 253 90.35% 0 0% 70 100%
Jumlah
2 4 96 178 1010 90.17% 6 2.142% 274 97.85%
100




0
91.78%
87.14%
91.42%
90.35%
90.17%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.28%
97.14%
87.55%
98%
99.71%
97.85%
95.09%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.09%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005