DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
3 Kecukupan makanan 3 1 15 20 130 83.33% 4 10.25% 35 89.74%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 0 13 23 134 85.89% 3 7.692% 35 92.30%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 11 25 136 87.17% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
9 1 117 68 634 81.28% 10 5.128% 185 94.87%
100




0
75%
75%
83.33%
85.89%
87.17%
81.28%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 3 0 14 22 133 85.25% 3 7.692% 36 92.30%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 8 28 139 89.10% 3 7.692% 36 92.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 6 30 141 90.38% 3 7.692% 36 92.30%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 0 7 29 140 89.74% 3 7.692% 36 92.30%
5 Penguasaan materi 3 1 8 27 137 87.82% 4 10.25% 35 89.74%
Jumlah
15 1 43 136 690 88.46% 16 8.205% 179 91.79%
100




0
85.25%
89.10%
90.38%
89.74%
87.82%
88.46%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 4 14 18 125 80.12% 7 17.94% 32 82.05%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 6 18 13 120 76.92% 8 20.51% 31 79.48%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 12 24 135 86.53% 3 7.692% 36 92.30%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 2 12 22 131 83.97% 5 12.82% 34 87.17%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
Jumlah
11 12 173 77 862 78.93% 23 8.424% 250 91.57%
100




0
80.12%
76.92%
75%
75%
86.53%
83.97%
75%
78.93%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 14 22 133 85.25% 3 7.692% 36 92.30%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 0 7 29 140 89.74% 3 7.692% 36 92.30%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 0 9 27 138 88.46% 3 7.692% 36 92.30%
4 Kelancaran proses asessment 3 0 12 24 135 86.53% 3 7.692% 36 92.30%
5 Kedisiplinan 3 0 13 23 134 85.89% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
15 0 55 125 680 87.17% 15 7.692% 180 92.30%
100




0
85.25%
89.74%
88.46%
86.53%
85.89%
87.17%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Layanan makanan 3 2 18 16 125 80.12% 5 12.82% 34 87.17%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 10 26 137 87.82% 3 7.692% 36 92.30%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 13 23 134 85.89% 3 7.692% 36 92.30%
5 Keramahan 3 0 7 29 140 89.74% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
12 2 87 94 653 83.71% 14 7.179% 181 92.82%
100




0
75%
80.12%
87.82%
85.89%
89.74%
83.71%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 8 28 139 89.10% 3 7.692% 36 92.30%
2 Transparansi keuangan 3 0 11 25 136 87.17% 3 7.692% 36 92.30%
3 Bebas Pungli 3 0 9 27 138 88.46% 3 7.692% 36 92.30%
4 Bebas gratifikasi 3 0 10 26 137 87.82% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
12 0 38 106 550 88.14% 12 7.692% 144 92.30%
100




0
89.10%
87.17%
88.46%
87.82%
88.14%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.87%
91.79%
91.57%
92.30%
92.82%
92.30%
92.61%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.61%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005