DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 10 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 6 16 39 217 87.5% 7 11.29% 55 88.70%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 9 17 33 204 82.25% 12 19.35% 50 80.64%
3 Kecukupan makanan 1 3 28 30 211 85.08% 4 6.451% 58 93.54%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 6 15 39 215 86.69% 8 12.90% 58 87.09%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 2 12 44 220 88.70% 6 9.677% 56 90.32%
Jumlah
11 26 88 185 1067 86.04% 37 11.93% 273 88.06%
100




0
87.5%
82.25%
85.08%
86.69%
88.70%
86.04%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 3 3 16 40 217 87.5% 6 9.677% 56 90.32%
2 Penggunaan metode mengajar 3 4 14 41 217 87.5% 7 11.29% 55 88.70%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 4 18 38 216 87.09% 6 9.677% 56 90.32%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 4 11 44 220 88.70% 7 11.29% 55 88.70%
5 Penguasaan materi 2 4 11 45 223 89.91% 6 9.677% 56 90.32%
Jumlah
13 19 70 208 1093 88.14% 32 10.32% 278 89.67%
100




0
87.5%
87.5%
87.09%
88.70%
89.91%
88.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 4 10 45 221 89.11% 7 11.29% 55 88.70%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 3 20 36 213 85.88% 6 9.677% 56 90.32%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 2 13 44 222 89.51% 5 8.064% 57 91.93%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 14 26 17 179 72.17% 19 30.64% 43 69.35%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 7 21 31 204 82.25% 10 16.12% 52 83.87%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 4 14 41 217 87.5% 7 11.29% 55 88.70%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 13 18 29 198 79.83% 15 24.19% 47 75.80%
Jumlah
22 47 122 243 1454 83.75% 69 15.89% 365 84.10%
100




0
89.11%
85.88%
89.51%
72.17%
82.25%
87.5%
79.83%
83.75%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 1 18 40 219 88.30% 4 6.451% 58 93.54%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 2 23 33 209 84.27% 6 9.677% 56 90.32%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 3 23 34 213 85.88% 5 8.064% 57 91.93%
4 Kelancaran proses asessment 1 4 20 37 217 87.5% 5 8.064% 57 91.93%
5 Kedisiplinan 2 2 18 40 220 88.70% 4 6.451% 58 93.54%
Jumlah
12 12 102 184 1078 86.93% 24 7.741% 286 92.25%
100




0
88.30%
84.27%
85.88%
87.5%
88.70%
86.93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 2 13 45 225 90.72% 4 6.451% 58 93.54%
2 Layanan makanan 4 8 23 27 197 79.43% 12 19.35% 50 80.64%
3 Layanan panitia kegiatan 2 3 12 45 224 90.32% 5 8.064% 57 91.93%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 5 15 41 220 88.70% 6 9.677% 56 90.32%
5 Keramahan 2 4 17 39 217 87.5% 6 9.677% 56 90.32%
Jumlah
11 22 80 197 1083 87.33% 33 10.64% 277 89.35%
100




0
90.72%
79.43%
90.32%
88.70%
87.5%
87.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 1 16 43 224 90.32% 3 4.838% 59 95.16%
2 Transparansi keuangan 1 4 20 37 217 87.5% 5 8.064% 57 91.93%
3 Bebas Pungli 2 2 18 40 220 88.70% 4 6.451% 58 93.54%
4 Bebas gratifikasi 1 3 15 43 224 90.32% 4 6.451% 58 93.54%
Jumlah
6 10 69 163 885 89.21% 16 6.451% 232 93.54%
100




0
90.32%
87.5%
88.70%
90.32%
89.21%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88.06%
89.67%
84.10%
92.25%
89.35%
93.54%
89.50%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.50%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005