DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 12 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 4 2 32 30 224 82.35% 6 8.823% 62 91.17%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 2 33 29 223 81.98% 6 8.823% 62 91.17%
3 Kecukupan makanan 2 0 9 57 257 94.48% 2 2.941% 66 97.05%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 4 15 47 243 89.33% 6 8.823% 66 91.17%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 13 53 253 93.01% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
14 8 102 216 1200 88.23% 22 6.470% 318 93.52%
100




0
82.35%
81.98%
94.48%
89.33%
93.01%
88.23%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 0 18 48 248 91.17% 2 2.941% 66 97.05%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 18 48 248 91.17% 2 2.941% 66 97.05%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 14 52 252 92.64% 2 2.941% 66 97.05%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 15 51 251 92.27% 2 2.941% 66 97.05%
5 Penguasaan materi 2 0 14 52 252 92.64% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
10 0 79 251 1251 91.98% 10 2.941% 330 97.05%
100




0
91.17%
91.17%
92.64%
92.27%
92.64%
91.98%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 17 49 249 91.54% 2 2.941% 66 97.05%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 7 26 33 226 83.08% 9 13.23% 59 86.76%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 1 21 44 243 89.33% 3 4.411% 65 95.58%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 2 7 23 36 229 84.19% 9 13.23% 59 86.76%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 0 17 49 249 91.54% 2 2.941% 66 97.05%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 19 47 247 90.80% 2 2.941% 66 97.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 0 24 42 242 88.97% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
14 15 147 300 1685 88.49% 29 6.092% 447 93.90%
100




0
91.54%
83.08%
89.33%
84.19%
91.54%
90.80%
88.97%
88.49%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 15 51 251 92.27% 2 2.941% 66 97.05%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 0 18 48 248 91.17% 2 2.941% 66 97.05%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 0 24 42 242 88.97% 2 2.941% 66 97.05%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 19 46 245 90.07% 3 4.411% 65 95.58%
5 Kedisiplinan 2 0 20 46 246 90.44% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
10 1 96 233 1232 90.58% 11 3.235% 329 96.76%
100




0
92.27%
91.17%
88.97%
90.07%
90.44%
90.58%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 26 39 238 87.5% 3 4.411% 65 95.58%
2 Layanan makanan 2 0 11 55 255 93.75% 2 2.941% 66 97.05%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 16 50 250 91.91% 2 2.941% 66 97.05%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 16 50 250 91.91% 2 2.941% 66 97.05%
5 Keramahan 2 0 11 55 255 93.75% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
10 1 80 249 1248 91.76% 11 3.235% 329 96.76%
100




0
87.5%
93.75%
91.91%
91.91%
93.75%
91.76%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 17 49 249 91.54% 2 2.941% 66 97.05%
2 Transparansi keuangan 2 0 18 48 248 91.17% 2 2.941% 66 97.05%
3 Bebas Pungli 2 0 19 47 247 90.80% 2 2.941% 66 97.05%
4 Bebas gratifikasi 2 0 19 47 247 90.80% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
8 0 73 191 991 91.08% 8 2.941% 264 97.05%
100




0
91.54%
91.17%
90.80%
90.80%
91.08%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.52%
97.05%
93.90%
96.76%
96.76%
97.05%
95.84%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.84%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005