DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 13 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 2 25 40 240 88.23% 3 4.411% 65 95.58%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 6 25 36 232 85.29% 7 10.29% 61 89.70%
3 Kecukupan makanan 2 0 10 56 256 94.11% 2 2.941% 66 97.05%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 10 55 254 93.38% 3 4.411% 66 95.58%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 9 56 254 93.38% 3 4.411% 65 95.58%
Jumlah
9 9 79 243 1236 90.88% 18 5.294% 322 94.70%
100




0
88.23%
85.29%
94.11%
93.38%
93.38%
90.88%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 0 14 52 252 92.64% 2 2.941% 66 97.05%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 17 49 249 91.54% 2 2.941% 66 97.05%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 18 48 248 91.17% 2 2.941% 66 97.05%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 13 53 253 93.01% 2 2.941% 66 97.05%
5 Penguasaan materi 2 0 14 52 252 92.64% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
10 0 76 254 1254 92.20% 10 2.941% 330 97.05%
100




0
92.64%
91.54%
91.17%
93.01%
92.64%
92.20%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 11 55 255 93.75% 2 2.941% 66 97.05%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 3 22 40 235 86.39% 6 8.823% 62 91.17%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 20 45 243 89.33% 3 4.411% 65 95.58%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 10 8 27 23 199 73.16% 18 26.47% 50 73.52%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 1 27 38 237 87.13% 3 4.411% 65 95.58%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 15 51 251 92.27% 2 2.941% 66 97.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 3 24 39 236 86.76% 5 7.352% 63 92.64%
Jumlah
24 15 146 291 1656 86.97% 39 8.193% 437 91.80%
100




0
93.75%
86.39%
89.33%
73.16%
87.13%
92.27%
86.76%
86.97%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 2 17 47 245 90.07% 4 5.882% 64 94.11%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 2 20 44 242 88.97% 4 5.882% 64 94.11%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 0 12 54 254 93.38% 2 2.941% 66 97.05%
4 Kelancaran proses asessment 2 0 11 55 255 93.75% 2 2.941% 66 97.05%
5 Kedisiplinan 2 0 9 57 257 94.48% 2 2.941% 66 97.05%
Jumlah
10 4 69 257 1253 92.13% 14 4.117% 326 95.88%
100




0
90.07%
88.97%
93.38%
93.75%
94.48%
92.13%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 1 17 48 247 90.80% 3 4.411% 65 95.58%
2 Layanan makanan 2 1 13 52 251 92.27% 3 4.411% 65 95.58%
3 Layanan panitia kegiatan 2 1 11 54 253 93.01% 3 4.411% 65 95.58%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 11 54 253 93.01% 3 4.411% 65 95.58%
5 Keramahan 2 1 15 50 249 91.54% 3 4.411% 65 95.58%
Jumlah
10 5 67 258 1253 92.13% 15 4.411% 325 95.58%
100




0
90.80%
92.27%
93.01%
93.01%
91.54%
92.13%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 9 53 246 90.44% 6 8.823% 62 91.17%
2 Transparansi keuangan 5 0 10 53 247 90.80% 5 7.352% 63 92.64%
3 Bebas Pungli 5 1 8 54 247 90.80% 6 8.823% 62 91.17%
4 Bebas gratifikasi 5 0 8 55 249 91.54% 5 7.352% 63 92.64%
Jumlah
20 2 35 215 989 90.90% 22 8.088% 250 91.91%
100




0
90.44%
90.80%
90.80%
91.54%
90.90%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.70%
97.05%
91.80%
95.88%
95.58%
91.91%
94.49%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.49%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005