DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 2 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 2 14 45 228 90.47% 4 6.349% 59 93.65%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 3 18 39 219 86.90% 6 9.523% 57 90.47%
3 Kecukupan makanan 6 1 6 50 226 89.68% 7 11.11% 56 88.88%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 2 9 48 227 90.07% 6 9.523% 56 90.47%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 1 4 52 228 90.47% 7 11.11% 56 88.88%
Jumlah
21 9 51 234 1128 89.52% 30 9.523% 285 90.47%
100




0
90.47%
86.90%
89.68%
90.07%
90.47%
89.52%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 5 1 10 47 225 89.28% 6 9.523% 57 90.47%
2 Penggunaan metode mengajar 4 2 6 51 230 91.26% 6 9.523% 57 90.47%
3 Keterampilan & berkomunikasi 5 2 8 48 225 89.28% 7 11.11% 56 88.88%
4 Penggunaan media pembelajaran 5 1 9 48 226 89.68% 6 9.523% 57 90.47%
5 Penguasaan materi 6 1 11 45 221 87.69% 7 11.11% 56 88.88%
Jumlah
25 7 44 239 1127 89.44% 32 10.15% 283 89.84%
100




0
89.28%
91.26%
89.28%
89.68%
87.69%
89.44%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 4 1 8 50 230 91.26% 5 7.936% 58 92.06%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 7 13 40 216 85.71% 10 15.87% 53 84.12%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 2 12 46 227 90.07% 5 7.936% 58 92.06%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 7 13 34 198 78.57% 16 25.39% 47 74.60%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 4 12 43 220 87.30% 8 12.69% 55 87.30%
6 Kenyamanan ruang praktek 4 2 13 44 223 88.49% 6 9.523% 57 90.47%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 5 16 39 217 86.11% 8 12.69% 55 87.30%
Jumlah
30 28 87 296 1531 86.79% 58 13.15% 383 86.84%
100




0
91.26%
85.71%
90.07%
78.57%
87.30%
88.49%
86.11%
86.79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 1 10 48 228 90.47% 5 7.936% 58 92.06%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 4 11 44 221 87.69% 8 12.69% 55 87.30%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 4 2 14 43 222 88.09% 6 9.523% 57 90.47%
4 Kelancaran proses asessment 4 2 12 45 224 88.88% 6 9.523% 57 90.47%
5 Kedisiplinan 3 2 10 48 229 90.87% 5 7.936% 58 92.06%
Jumlah
19 11 57 228 1124 89.20% 30 9.523% 285 90.47%
100




0
90.47%
87.69%
88.09%
88.88%
90.87%
89.20%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 2 7 51 232 92.06% 5 7.936% 58 92.06%
2 Layanan makanan 4 1 8 50 230 91.26% 5 7.936% 58 92.06%
3 Layanan panitia kegiatan 4 1 7 51 231 91.66% 5 7.936% 58 92.06%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 2 8 50 231 91.66% 5 7.936% 58 92.06%
5 Keramahan 4 2 10 47 226 89.68% 6 9.523% 57 90.47%
Jumlah
18 8 40 249 1150 91.26% 26 8.253% 289 91.74%
100




0
92.06%
91.26%
91.66%
91.66%
89.68%
91.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 2 9 49 230 91.26% 5 7.936% 58 92.06%
2 Transparansi keuangan 3 2 11 47 228 90.47% 5 7.936% 58 92.06%
3 Bebas Pungli 3 2 9 49 230 91.26% 5 7.936% 58 92.06%
4 Bebas gratifikasi 3 2 10 48 229 90.87% 5 7.936% 58 92.06%
Jumlah
12 8 39 193 917 90.97% 20 7.936% 232 92.06%
100




0
91.26%
90.47%
91.26%
90.87%
90.97%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.47%
89.84%
86.84%
90.47%
91.74%
92.06%
90.24%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 90.24%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005