DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 2 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
3 Kecukupan makanan 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 4 15 74 88.09% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
6 0 50 49 352 83.80% 6 5.714% 99 94.28%
100




0
75%
75%
90.47%
90.47%
88.09%
83.80%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 3 16 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
5 Penguasaan materi 2 0 3 16 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
10 0 12 83 378 90% 10 9.523% 95 90.47%
100




0
90.47%
89.28%
90.47%
90.47%
89.28%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 4 15 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 4 15 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 3 1 16 74 88.09% 4 19.04% 17 80.95%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 5 14 74 88.09% 2 9.523% 19 90.47%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
Jumlah
4 6 77 60 487 82.82% 10 6.802% 137 93.19%
100




0
89.28%
89.28%
75%
75%
88.09%
88.09%
75%
82.82%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 3 16 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 3 15 74 88.09% 3 14.28% 18 85.71%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 5 14 74 88.09% 2 9.523% 19 90.47%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 4 15 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
5 Kedisiplinan 1 1 4 15 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
5 6 19 75 374 89.04% 11 10.47% 94 89.52%
100




0
90.47%
88.09%
88.09%
89.28%
89.28%
89.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 21 0 63 75% 0 0% 21 100%
2 Layanan makanan 2 0 4 15 74 88.09% 2 9.523% 19 90.47%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 3 16 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
5 Keramahan 2 0 2 17 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
8 0 32 65 364 86.66% 8 7.619% 97 92.38%
100




0
75%
88.09%
90.47%
89.28%
90.47%
86.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 3 16 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
2 Transparansi keuangan 1 1 4 15 75 89.28% 2 9.523% 19 90.47%
3 Bebas Pungli 1 1 3 16 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
4 Bebas gratifikasi 1 1 3 16 76 90.47% 2 9.523% 19 90.47%
Jumlah
4 4 13 63 303 90.17% 8 9.523% 76 90.47%
100




0
90.47%
89.28%
90.47%
90.47%
90.17%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.28%
90.47%
93.19%
89.52%
92.38%
90.47%
91.72%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.72%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005