DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 1 10 43 211 86.47% 8 13.11% 53 86.88%
2 Perlengkapan kamar tidur 6 5 18 32 198 81.14% 11 18.03% 50 81.96%
3 Kecukupan makanan 7 2 5 47 214 87.70% 9 14.75% 52 85.24%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 8 0 4 49 216 88.52% 8 13.11% 52 86.88%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 1 4 49 217 88.93% 8 13.11% 53 86.88%
Jumlah
35 9 41 220 1056 86.55% 44 14.42% 261 85.57%
100




0
86.47%
81.14%
87.70%
88.52%
88.93%
86.55%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 6 1 12 42 212 86.88% 7 11.47% 54 88.52%
2 Penggunaan metode mengajar 6 1 8 46 216 88.52% 7 11.47% 54 88.52%
3 Keterampilan & berkomunikasi 6 1 8 46 216 88.52% 7 11.47% 54 88.52%
4 Penggunaan media pembelajaran 7 1 6 47 215 88.11% 8 13.11% 53 86.88%
5 Penguasaan materi 6 2 10 43 212 86.88% 8 13.11% 53 86.88%
Jumlah
31 6 44 224 1071 87.78% 37 12.13% 268 87.86%
100




0
86.88%
88.52%
88.52%
88.11%
86.88%
87.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 7 1 6 47 215 88.11% 8 13.11% 53 86.88%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 4 12 40 209 85.65% 9 14.75% 52 85.24%
3 Kebersihan lingkungan kantor 6 2 6 47 216 88.52% 8 13.11% 53 86.88%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 7 8 17 29 190 77.86% 15 24.59% 46 75.40%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 5 3 12 41 211 86.47% 8 13.11% 53 86.88%
6 Kenyamanan ruang praktek 7 0 6 48 217 88.93% 7 11.47% 54 88.52%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 7 0 8 46 215 88.11% 7 11.47% 54 88.52%
Jumlah
44 18 67 298 1473 86.24% 62 14.51% 365 85.48%
100




0
88.11%
85.65%
88.52%
77.86%
86.47%
88.93%
88.11%
86.24%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 7 0 8 46 215 88.11% 7 11.47% 54 88.52%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 6 1 11 43 213 87.29% 7 11.47% 54 88.52%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 8 1 10 42 208 85.24% 9 14.75% 52 85.24%
4 Kelancaran proses asessment 7 0 9 45 214 87.70% 7 11.47% 54 88.52%
5 Kedisiplinan 7 0 8 46 215 88.11% 7 11.47% 54 88.52%
Jumlah
35 2 46 222 1065 87.29% 37 12.13% 268 87.86%
100




0
88.11%
87.29%
85.24%
87.70%
88.11%
87.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 6 1 7 47 217 88.93% 7 11.47% 54 88.52%
2 Layanan makanan 6 2 5 48 217 88.93% 8 13.11% 53 86.88%
3 Layanan panitia kegiatan 7 0 6 48 217 88.93% 7 11.47% 54 88.52%
4 Layanan administrasi kegiatan 6 2 7 46 215 88.11% 8 13.11% 53 86.88%
5 Keramahan 6 1 7 47 217 88.93% 7 11.47% 54 88.52%
Jumlah
31 6 32 236 1083 88.77% 37 12.13% 268 87.86%
100




0
88.93%
88.93%
88.93%
88.11%
88.93%
88.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 8 0 5 48 215 88.11% 8 13.11% 53 86.88%
2 Transparansi keuangan 7 0 8 46 215 88.11% 7 11.47% 54 88.52%
3 Bebas Pungli 8 1 7 45 211 86.47% 9 14.75% 52 85.24%
4 Bebas gratifikasi 7 1 7 46 214 87.70% 8 13.11% 53 86.88%
Jumlah
30 2 27 185 855 87.60% 32 13.11% 212 86.88%
100




0
88.11%
88.11%
86.47%
87.70%
87.60%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
85.57%
87.86%
85.48%
87.86%
87.86%
86.88%
86.92%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.92%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005