DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 3 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 7 13 13 12 120 66.66% 20 44.44% 25 55.55%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 6 20 17 142 78.88% 8 17.77% 25 82.22%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 2 19 22 151 83.88% 4 8.888% 41 91.11%
Jumlah
11 21 142 51 683 75.88% 32 14.22% 193 85.77%
100




0
75%
75%
66.66%
78.88%
83.88%
75.88%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 1 5 17 22 150 83.33% 6 13.33% 39 86.66%
2 Penggunaan metode mengajar 1 2 14 28 159 88.33% 3 6.666% 42 93.33%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 2 13 29 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 3 14 27 157 87.22% 4 8.888% 41 91.11%
5 Penguasaan materi 1 1 17 26 158 87.77% 2 4.444% 43 95.55%
Jumlah
5 13 75 132 784 87.11% 18 8% 207 92%
100




0
83.33%
88.33%
88.88%
87.22%
87.77%
87.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 10 33 165 91.66% 2 4.444% 43 95.55%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 10 11 21 140 77.77% 13 28.88% 32 71.11%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 18 25 157 87.22% 2 4.444% 43 95.55%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 10 33 165 91.66% 2 4.444% 43 95.55%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
Jumlah
6 13 184 112 1032 81.90% 19 6.031% 296 93.96%
100




0
91.66%
77.77%
75%
75%
87.22%
91.66%
75%
81.90%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 2 20 22 153 85% 3 6.666% 42 93.33%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 16 26 157 87.22% 3 6.666% 42 93.33%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 15 27 158 87.77% 3 6.666% 42 93.33%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 17 26 158 87.77% 2 4.444% 43 95.55%
5 Kedisiplinan 0 2 16 27 160 88.88% 2 4.444% 43 95.55%
Jumlah
4 9 84 128 786 87.33% 13 5.777% 212 94.22%
100




0
85%
87.22%
87.77%
87.77%
88.88%
87.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 6 12 14 13 124 68.88% 18 40% 27 60%
3 Layanan panitia kegiatan 0 3 14 28 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 2 19 24 157 87.22% 2 4.444% 43 95.55%
5 Keramahan 1 2 13 29 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
Jumlah
7 19 105 94 736 81.77% 26 11.55% 199 88.44%
100




0
75%
68.88%
88.88%
87.22%
88.88%
81.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 3 14 28 160 88.88% 3 6.666% 42 93.33%
2 Transparansi keuangan 0 2 15 28 161 89.44% 2 4.444% 43 95.55%
3 Bebas Pungli 0 2 15 28 161 89.44% 2 4.444% 43 95.55%
4 Bebas gratifikasi 0 1 17 27 161 89.44% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
0 8 61 111 643 89.30% 8 4.444% 172 95.55%
100




0
88.88%
89.44%
89.44%
89.44%
89.30%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
85.77%
92%
93.96%
94.22%
88.44%
95.55%
91.66%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.66%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005