DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 4 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 2 15 41 215 89.58% 4 6.666% 56 93.33%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 5 19 34 205 85.41% 7 11.66% 53 88.33%
3 Kecukupan makanan 2 1 6 51 226 94.16% 3 5% 57 95%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 4 53 228 95% 3 5% 57 95%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 1 8 49 224 93.33% 3 5% 57 95%
Jumlah
10 10 52 228 1098 91.5% 20 6.666% 280 93.33%
100




0
89.58%
85.41%
94.16%
95%
93.33%
91.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 3 0 9 48 222 92.5% 3 5% 57 95%
2 Penggunaan metode mengajar 2 1 8 49 224 93.33% 3 5% 57 95%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 1 7 50 225 93.75% 3 5% 57 95%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 1 8 49 224 93.33% 3 5% 57 95%
5 Penguasaan materi 2 1 9 48 223 92.91% 3 5% 57 95%
Jumlah
11 4 41 244 1118 93.16% 15 5% 285 95%
100




0
92.5%
93.33%
93.75%
93.33%
92.91%
93.16%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 8 49 223 92.91% 3 5% 57 95%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 16 40 214 89.16% 4 6.666% 56 93.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 2 8 48 222 92.5% 4 6.666% 56 93.33%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 7 8 15 30 188 78.33% 15 25% 45 75%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 4 17 37 209 87.08% 6 10% 54 90%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 8 50 226 94.16% 2 3.333% 58 96.66%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 4 18 37 211 87.91% 5 8.333% 55 91.66%
Jumlah
19 20 90 291 1493 88.86% 39 9.285% 381 90.71%
100




0
92.91%
89.16%
92.5%
78.33%
87.08%
94.16%
87.91%
88.86%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 8 49 223 92.91% 3 5% 57 95%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 1 13 44 219 91.25% 3 5% 57 95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 16 41 216 90% 3 5% 57 95%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 7 50 225 93.75% 3 5% 57 95%
5 Kedisiplinan 3 0 12 45 219 91.25% 3 5% 57 95%
Jumlah
12 3 56 229 1102 91.83% 15 5% 285 95%
100




0
92.91%
91.25%
90%
93.75%
91.25%
91.83%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 8 49 223 92.91% 3 5% 57 95%
2 Layanan makanan 1 1 13 45 222 92.5% 2 3.333% 58 96.66%
3 Layanan panitia kegiatan 1 3 5 51 226 94.16% 4 6.666% 56 93.33%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 2 7 50 226 94.16% 3 5% 57 95%
5 Keramahan 1 3 9 47 222 92.5% 4 6.666% 56 93.33%
Jumlah
7 9 42 242 1119 93.25% 16 5.333% 284 94.66%
100




0
92.91%
92.5%
94.16%
94.16%
92.5%
93.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 4 54 230 95.83% 2 3.333% 58 96.66%
2 Transparansi keuangan 2 0 11 47 223 92.91% 2 3.333% 58 96.66%
3 Bebas Pungli 2 0 5 53 229 95.41% 2 3.333% 58 96.66%
4 Bebas gratifikasi 2 1 4 53 228 95% 3 5% 57 95%
Jumlah
8 1 24 207 910 94.79% 9 3.75% 231 96.25%
100




0
95.83%
92.91%
95.41%
95%
94.79%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.33%
95%
90.71%
95%
94.66%
96.25%
94.16%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.16%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005