DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 4 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 1 11 26 140 89.74% 2 5.128% 38 94.87%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 5 33 148 94.87% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
3 1 97 94 672 86.15% 4 2.051% 191 97.94%
100




0
75%
75%
96.15%
89.74%
94.87%
86.15%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 1 0 9 29 144 92.30% 1 2.564% 38 97.43%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 5 33 148 94.87% 1 2.564% 38 97.43%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 8 30 145 92.94% 1 2.564% 38 97.43%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 1 3 34 148 94.87% 2 5.128% 37 94.87%
5 Penguasaan materi 1 0 5 33 148 94.87% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
5 1 30 159 733 93.97% 6 3.076% 189 96.92%
100




0
92.30%
94.87%
92.94%
94.87%
94.87%
93.97%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 6 32 147 94.23% 1 2.564% 38 97.43%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 3 19 16 128 82.05% 4 10.25% 35 89.74%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 3 13 22 134 85.89% 4 10.25% 35 89.74%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 12 24 137 87.82% 3 7.692% 36 92.30%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 39 0 0 78 50% 39 100% 0 0%
Jumlah
4 47 128 94 858 78.57% 51 18.68% 222 81.31%
100




0
94.23%
82.05%
75%
75%
85.89%
87.82%
50%
78.57%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 7 31 146 93.58% 1 2.564% 38 97.43%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 10 26 139 89.10% 3 7.692% 36 92.30%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 8 27 139 89.10% 4 10.25% 35 89.74%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 11 26 140 89.74% 2 5.128% 37 94.87%
5 Kedisiplinan 2 1 10 26 138 88.46% 3 7.692% 36 92.30%
Jumlah
6 7 46 136 702 90% 13 6.666% 182 93.33%
100




0
93.58%
89.10%
89.10%
89.74%
88.46%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Layanan makanan 1 0 2 36 151 96.79% 1 2.564% 38 97.43%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 5 33 148 94.87% 1 2.564% 38 97.43%
5 Keramahan 1 0 2 36 151 96.79% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
4 0 51 140 717 91.92% 4 2.051% 191 97.94%
100




0
75%
96.79%
96.15%
94.87%
96.79%
91.92%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
2 Transparansi keuangan 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
3 Bebas Pungli 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
4 Bebas gratifikasi 1 0 4 34 149 95.51% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
4 0 13 139 599 95.99% 4 2.564% 152 97.43%
100




0
96.15%
96.15%
96.15%
95.51%
95.99%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.94%
96.92%
81.31%
93.33%
97.94%
97.43%
94.15%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.15%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005