DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 5 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 4 23 41 242 87.68% 5 7.246% 64 92.75%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 8 32 29 228 82.60% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kecukupan makanan 1 1 12 55 259 93.84% 2 2.898% 67 97.10%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 12 56 261 94.56% 1 1.449% 67 98.55%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 10 57 261 94.56% 2 2.898% 67 97.10%
Jumlah
4 14 89 238 1251 90.65% 18 5.217% 327 94.78%
100




0
87.68%
82.60%
93.84%
94.56%
94.56%
90.65%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 1 23 43 245 88.76% 3 4.347% 66 95.65%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 24 44 249 90.21% 1 1.449% 68 98.55%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 20 48 253 91.66% 1 1.449% 68 98.55%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 19 49 254 92.02% 1 1.449% 68 98.55%
5 Penguasaan materi 1 1 22 45 249 90.21% 2 2.898% 67 97.10%
Jumlah
6 2 108 229 1250 90.57% 8 2.318% 337 97.68%
100




0
88.76%
90.21%
91.66%
92.02%
90.21%
90.57%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 16 52 257 93.11% 1 1.449% 68 98.55%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 3 28 37 239 86.59% 4 5.797% 65 94.20%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 2 17 49 252 91.30% 3 4.347% 66 95.65%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 8 13 25 23 201 72.82% 21 30.43% 48 69.56%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 3 25 40 242 87.68% 4 5.797% 65 94.20%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 18 49 254 92.02% 2 2.898% 67 97.10%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 3 26 39 241 87.31% 4 5.797% 65 94.20%
Jumlah
13 26 155 289 1686 87.26% 39 8.074% 444 91.92%
100




0
93.11%
86.59%
91.30%
72.82%
87.68%
92.02%
87.31%
87.26%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 1 23 43 245 88.76% 3 4.347% 66 95.65%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 25 41 244 88.40% 3 4.347% 66 95.65%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 4 21 42 241 87.31% 6 8.695% 63 91.30%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 25 43 248 89.85% 1 1.449% 68 98.55%
5 Kedisiplinan 1 1 20 47 251 90.94% 2 2.898% 67 97.10%
Jumlah
7 8 114 216 1229 89.05% 15 4.347% 330 95.65%
100




0
88.76%
88.40%
87.31%
89.85%
90.94%
89.05%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 2 18 48 251 90.94% 3 4.347% 66 95.65%
2 Layanan makanan 1 0 14 54 259 93.84% 1 1.449% 68 98.55%
3 Layanan panitia kegiatan 1 2 14 52 255 92.39% 3 4.347% 66 95.65%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 16 51 255 92.39% 2 2.898% 67 97.10%
5 Keramahan 1 0 19 49 254 92.02% 1 1.449% 68 98.55%
Jumlah
5 5 81 254 1274 92.31% 10 2.898% 335 97.10%
100




0
90.94%
93.84%
92.39%
92.39%
92.02%
92.31%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 14 53 257 93.11% 2 2.898% 67 97.10%
2 Transparansi keuangan 1 2 17 49 252 91.30% 3 4.347% 66 95.65%
3 Bebas Pungli 1 1 16 51 255 92.39% 2 2.898% 67 97.10%
4 Bebas gratifikasi 1 1 16 51 255 92.39% 2 2.898% 67 97.10%
Jumlah
4 5 63 204 1019 92.30% 9 3.260% 267 96.73%
100




0
93.11%
91.30%
92.39%
92.39%
92.30%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.78%
97.68%
91.92%
95.65%
97.10%
96.73%
95.64%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.64%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005