DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 5 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 1 10 11 25 154 81.91% 11 23.40% 36 76.59%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 8 15 24 157 83.51% 8 17.02% 36 82.97%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 10 36 176 93.61% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
1 19 130 85 769 81.80% 20 8.510% 215 91.48%
100




0
75%
75%
81.91%
83.51%
93.61%
81.80%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 12 35 176 93.61% 0 0% 47 100%
5 Penguasaan materi 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 66 169 874 92.97% 0 0% 235 100%
100




0
93.61%
92.55%
92.55%
93.61%
92.55%
92.97%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 9 38 179 95.21% 0 0% 47 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 4 20 23 160 85.10% 4 8.510% 43 91.48%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 4 16 27 164 87.23% 4 8.510% 43 91.48%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
0 55 152 122 1054 80.09% 55 16.71% 274 83.28%
100




0
95.21%
85.10%
75%
75%
87.23%
93.08%
50%
80.09%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 20 26 166 88.29% 1 2.127% 46 97.87%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 17 30 171 90.95% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 16 31 172 91.48% 0 0% 47 100%
5 Kedisiplinan 0 0 15 32 173 92.02% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 1 82 152 856 91.06% 1 0.425% 234 99.57%
100




0
92.55%
88.29%
90.95%
91.48%
92.02%
91.06%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 4 2 16 25 156 82.97% 6 12.76% 41 87.23%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 14 32 172 91.48% 1 2.127% 46 97.87%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 11 36 177 94.14% 0 0% 47 100%
5 Keramahan 0 1 12 34 174 92.55% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
4 4 100 127 820 87.23% 8 3.404% 227 96.59%
100




0
75%
82.97%
91.48%
94.14%
92.55%
87.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
2 Transparansi keuangan 0 1 16 30 170 90.42% 1 2.127% 46 97.87%
3 Bebas Pungli 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 14 33 174 92.55% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 1 56 131 694 92.28% 1 0.531% 187 99.46%
100




0
93.08%
90.42%
93.08%
92.55%
92.28%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.48%
100%
83.28%
99.57%
96.59%
99.46%
95.06%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.06%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005