DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 6 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 3 19 47 253 89.08% 5 7.042% 66 92.95%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 6 26 37 240 84.50% 8 11.26% 63 88.73%
3 Kecukupan makanan 3 4 12 52 255 89.78% 7 9.859% 64 90.14%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 2 11 54 257 90.49% 6 8.450% 64 91.54%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 0 8 60 267 94.01% 3 4.225% 68 95.77%
Jumlah
14 15 76 250 1272 89.57% 29 8.169% 326 91.83%
100




0
89.08%
84.50%
89.78%
90.49%
94.01%
89.57%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 2 20 47 254 89.43% 4 5.633% 67 94.36%
2 Penggunaan metode mengajar 2 3 15 51 257 90.49% 5 7.042% 66 92.95%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 2 18 49 256 90.14% 4 5.633% 67 94.36%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 3 17 49 255 89.78% 5 7.042% 66 92.95%
5 Penguasaan materi 2 1 19 49 257 90.49% 3 4.225% 68 95.77%
Jumlah
10 11 89 245 1279 90.07% 21 5.915% 334 94.08%
100




0
89.43%
90.49%
90.14%
89.78%
90.49%
90.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 1 13 55 263 92.60% 3 4.225% 68 95.77%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 7 26 35 235 82.74% 10 14.08% 61 85.91%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 5 21 43 247 86.97% 7 9.859% 64 90.14%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 15 21 31 221 77.81% 19 26.76% 52 73.23%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 2 19 48 255 89.78% 4 5.633% 67 94.36%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 1 19 49 257 90.49% 3 4.225% 68 95.77%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 9 17 43 243 85.56% 11 15.49% 60 84.50%
Jumlah
17 40 136 304 1721 86.56% 57 11.46% 440 88.53%
100




0
92.60%
82.74%
86.97%
77.81%
89.78%
90.49%
85.56%
86.56%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 3 16 49 253 89.08% 6 8.450% 65 91.54%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 2 16 51 258 90.84% 4 5.633% 67 94.36%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 3 20 46 252 88.73% 5 7.042% 66 92.95%
4 Kelancaran proses asessment 2 3 21 45 251 88.38% 5 7.042% 66 92.95%
5 Kedisiplinan 2 3 17 49 255 89.78% 5 7.042% 66 92.95%
Jumlah
11 14 90 240 1269 89.36% 25 7.042% 330 92.95%
100




0
89.08%
90.84%
88.73%
88.38%
89.78%
89.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 4 16 49 254 89.43% 6 8.450% 65 91.54%
2 Layanan makanan 2 2 12 55 262 92.25% 4 5.633% 67 94.36%
3 Layanan panitia kegiatan 3 0 19 49 256 90.14% 3 4.225% 68 95.77%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 19 49 257 90.49% 3 4.225% 68 95.77%
5 Keramahan 2 1 19 49 257 90.49% 3 4.225% 68 95.77%
Jumlah
11 8 85 251 1286 90.56% 19 5.352% 336 94.64%
100




0
89.43%
92.25%
90.14%
90.49%
90.49%
90.56%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 9 56 258 90.84% 6 8.450% 65 91.54%
2 Transparansi keuangan 3 3 15 50 254 89.43% 6 8.450% 65 91.54%
3 Bebas Pungli 5 2 10 54 255 89.78% 7 9.859% 64 90.14%
4 Bebas gratifikasi 5 2 9 55 256 90.14% 7 9.859% 64 90.14%
Jumlah
18 8 43 215 1023 90.05% 26 9.154% 258 90.84%
100




0
90.84%
89.43%
89.78%
90.14%
90.05%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.83%
94.08%
88.53%
92.95%
94.64%
90.84%
92.14%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.14%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005