DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 6 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
3 Kecukupan makanan 1 2 15 25 150 87.20% 3 6.976% 40 93.02%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 10 32 160 93.02% 1 2.325% 40 97.67%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 5 15 23 147 85.46% 5 11.62% 38 88.37%
Jumlah
1 8 126 80 715 83.13% 9 4.186% 206 95.81%
100




0
75%
75%
87.20%
93.02%
85.46%
83.13%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 0 0 12 31 160 93.02% 0 0% 43 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 9 34 163 94.76% 0 0% 43 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 13 30 159 92.44% 0 0% 43 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 9 33 161 93.60% 1 2.325% 42 97.67%
5 Penguasaan materi 0 0 11 32 161 93.60% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 1 54 160 804 93.48% 1 0.465% 214 99.53%
100




0
93.02%
94.76%
92.44%
93.60%
93.60%
93.48%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 8 35 164 95.34% 0 0% 43 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 17 25 153 88.95% 1 2.325% 42 97.67%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 14 26 152 88.37% 3 6.976% 40 93.02%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 9 34 163 94.76% 0 0% 43 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 43 0 0 86 50% 43 100% 0 0%
Jumlah
0 47 134 120 976 81.06% 47 15.61% 254 84.38%
100




0
95.34%
88.95%
75%
75%
88.37%
94.76%
50%
81.06%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 11 32 161 93.60% 0 0% 43 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 15 27 155 90.11% 1 2.325% 42 97.67%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 12 31 160 93.02% 0 0% 43 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 13 30 159 92.44% 0 0% 43 100%
5 Kedisiplinan 0 0 8 35 164 95.34% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 1 59 155 799 92.90% 1 0.465% 214 99.53%
100




0
93.60%
90.11%
93.02%
92.44%
95.34%
92.90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 43 0 129 75% 0 0% 43 100%
2 Layanan makanan 3 1 16 23 145 84.30% 4 9.302% 39 90.69%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 8 35 164 95.34% 0 0% 43 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 36 165 95.93% 0 0% 43 100%
5 Keramahan 0 1 9 33 161 93.60% 1 2.325% 42 97.67%
Jumlah
3 2 83 127 764 88.83% 5 2.325% 210 97.67%
100




0
75%
84.30%
95.34%
95.93%
93.60%
88.83%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 8 35 164 95.34% 0 0% 43 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 12 31 160 93.02% 0 0% 43 100%
3 Bebas Pungli 0 0 8 35 164 95.34% 0 0% 43 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 10 33 162 94.18% 0 0% 43 100%
Jumlah
0 0 38 134 650 94.47% 0 0% 172 100%
100




0
95.34%
93.02%
95.34%
94.18%
94.47%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.81%
99.53%
84.38%
99.53%
97.67%
100%
96.15%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.15%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005